Tokopedia Bakal Jadi Pemegang Saham Net TV, Kok Bisa?

Market - Dityasa Hanin Forddanta, CNBC Indonesia
19 January 2022 16:05
Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Entitas GoTo yang menggawangi platform e-commerce, Tokopedia, bakal menjadi pemegang saham operator televisi PT Net Visi Media Tbk. Masuknya Tokopedia menjadi pemegang saham operator stasiun televisi Net TV tersebut ada kaitannya dengan perjanjian kedua pihak beberapa tahun lalu.

Medio 2017, Net TV menerbitkan obligasi wajib konversi (OWK) atawa mandatory convertible bond (MCB). Sebagai gantinya, Net TV menerima pinjaman total Rp 405 miliar dari pembeli MCB tersebut.

Tokopedia menjadi pihak yang menyerap MCB tersebut. Sesuai perjanjian, pinjaman dari MCB tersebut jatuh tempo pada 2019. Namun, MCB bisa dikonversi menjadi 2,07 miliar saham di harga pelaksanaan konversi Rp 196/saham jika Net TV menghelat initial public offering (IPO).


Sebelum IPO Net TV terealisasi, Tokopedia mengalihkan MCB ke salah satu entitas usahanya, PT Semangat Bambu Runcing pada 2018. Para pihak juga menyepakati konversi MCB menjadi saham dilakukan saat IPO.

Dus, setelah IPO, Tokopedia melalui Semangat Bambu Runcing bakal menguasai 2,07 miliar saham Net TV. Jumlah ini setara dengan kepemilikan 8,81%.

First Global Utama juga bakal melakukan konversi dengan struktur serupa. Perusahaan ini merupakan perusahaan pihak ketiga yang tidak terafiliasi baik dengan Net TV maupun Tokopedia. First Global juga menjadi pihak yang menyerap MCB dengan nilai dan perjanjian yang sama dengan Semangat Bambu Runcing.

Di luar konversi tersebut, Net TV akan menawarkan 765,31 juta saham atau setara dengan 4,37% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Sehingga NET TV akan mendapatkan dana senilai Rp 149,99 miliar dari IPO ini.

Dana ini sekitar 18,5% akan digunakan untuk modal kerja dalam industri manajemen (Artis) antara lain untuk biaya pengembangan keahlian dan keterampilan artis dan biaya operasional.

Lalu 53% untuk setoran modal dalam PT Net Mediatama Televisi untuk membayarkan utang-utangnya, pembuatan dan pembelian program, serta biaya-biaya operasional dan/atau pembelian peralatan pendukung.

Sisanya sebesar 28,5% akan digunakan sebagai bentuk setoran modal dalam PT Net Media Digital untuk pembuatan dan pembelian program, dan/atau biaya-biaya operasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau IPO, GoTo Group Dekati Investor Ritel di Bursa RI


(dhf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading