Rumor Lagi Didekati Lazada, Saham ERAA Ngacir Pagi Ini

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
14 January 2022 09:39
foto : detikFoto/Grandyos Zafna

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melesat pada awal perdagangan hari ini, Jumat (14/1/2022). Kenaikan saham ERAA seiring adanya rumor e-commerce Lazada berminat untuk mengakuisisi perusahaan ritel ponsel tersebut.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.28 WIB, saham ERAA melesat 6,31% ke posisi Rp 590/saham, dengan nilai transaksi Rp 35,62 miliar dan volume perdagangan 61,09 juta saham.

Kendati naik, investor asing malah melakukan aksi jual bersih Rp 5,98 miliar di pasar reguler pagi ini.


Dengan ini, dalam sepekan saham ERAA naik 1,74% dalam sepekan, tetapi masih turun 2,50% secara year to date (ytd).

Diwartakan CNBC Indonesia sebelumnya, Lazada berminat untuk mengakuisisi perusahaan ritel ponsel yang didirikan Budiarto Halim ini.

Seperti diketahui, Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang sahamnya dimiliki oleh Alibaba. Santer dikabarkan, akuisisi Erajaya oleh Lazada tidak langsung dilakukan oleh Grup Alibaba, tapi melalui Salim Grup. Grup Salim memang gencar berinvestasi di beberapa perusahaan e-commerce Tanah Air, salah satunya adalah Lazada.

Menanggapi rumor yang beredar ini, manajemen ERAA tidak membantah, maupun membenarkan rumor tersebut.

"Kami tidak dapat menanggapi rumor atau spekulasi apapun yang beredar di pasar. Erajaya terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan setia kami di seluruh wilayah tempat perusahaan beroperasi," ungkap manajemen Erajaya, saat dihubungi CNBC Indonesia, Kamis (13/1/2022).

Ini bukan pertama kalinya Erajaya digosipkan bakal diakuisisi oleh perusahaan e-commerce. Memasuki kuartal empat tahun lalu, Grup Djarum melalui Blibli.com kabarnya juga bakal mengakuisisi Erajaya. Bahkan, keduanya dikabarkan sudah memasuki proses negosiasi untuk mengakuisisi saham Erajaya dengan harga di kisaran Rp 800/saham sampai Rp 850/saham.

Manajemen Erajaya kala itu juga beralasan tidak bisa mengomentari rumor yang beredar. Manajemen hanya memastikan, fundamental perusahaan tetap solid meski diterpa pandemi Covid-19.

"Erajaya terus memprioritaskan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan setia kami di seluruh wilayah tempat perusahaan beroperasi," ungkap manajemen kala itu.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(adf/adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading