Ekslusif

Raffi Pilih Investasi Saham atau Kripto?

Market - dhf, CNBC Indonesia
12 January 2022 15:37
Buka-bukaan Raffi Ahmad, Raup Cuan 300% Dari Saham (CNBC Indonesia TV) Foto: Buka-bukaan Raffi Ahmad, Raup Cuan 300% Dari Saham (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sultan Andara, julukan buat artis Raffi Ahmad, mengaku belum berminat untuk mengikuti hype investasi di mata uang kripto.

Saat berbincang dengan tim CNBC Indonesia baru-baru ini, Raffi mengaku baru mau belajar bermain mata uang kripto. Namun, ia belum menemukan alasan kuat untuk lebih serius memiliki instrumen investasi digital tersebut.

"Beda sama Gigi [Nagita Slavina], dia main. Saya ini orangnya konvensional, selalu mencari yang low risk, apa pun itu," terang Raffi.


"Bukannya pilih-pilih, ya. Jadi, kalau ada bisnis baru, tergantung portofolionya. Kalau yang ajak baik, ada success story, pasti saya ikut," imbuh Youtuber yang saat ini juga tengah menggiring RANS Entertainment untuk menjadi perusahaan terbuka itu.

Meski memiliki profil risiko yang rendah, Raffi tidak sepenuhnya menutup peluang berinvestasi di aset digital. Ia mengaku, tengah mempelajari non fungible token atawa NFT.

NFT adalah aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT meliputi berbagai bidang seperti karya seni, video klip, musik, game dan lain sebagainya.

Transaksi NFT akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT. Pada umumnya, transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum.

NFT mulai dikenal pada tahun 2017 saat game NFT, yakni Crypto Kitties diluncurkan. Di situ, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain Ethereum. Mereka bisa mengadopsi, memelihara hingga memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual.

"Kalau NFT, saya tertarik. Sekarang lagi belajar, tunggu ya," pungkas Raffi.

Menyoal saham, Raffi mengaku belum lama menjadi investor di pasar modal. Dia mengaku masih terus belajar.

Namun, Raffi mengaku pernah cuan hingga 300% dari investasi di saham. Selain saham, Raffi juga mengaku baru mau belajar soal kripto.

"Untungnya [di saham] bisa 300% juga, emang rejeki," ujarnya kepada CNBC Indonesia baru-baru ini.

Lantas, seperti apa saham-saham pilihan Raffi? Apakah murni blue chip yang memiliki fundamental bagus, atau justru saham 'gorengan'?

"Aku sih yang fundamentalnya bagus. Kalau yang gorengan, it's oke tapi main cepet aja. Semua kita main," ujarnya.

Meski demikian, Raffi mengaku dalam memilih saham utamanya memang melihat fundamentalnya dulu.

"Nomor satu fundamental, itu paling penting, setelah itu kita harus pinter-pinter juga melihatnya [chart, dsb]."


[Gambas:Video CNBC]

(dhf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading