Saham BUKA Melemah Jelang RUPSLB 16 Februari

Market - Vega Aulia Pradipta, CNBC Indonesia
10 January 2022 12:20
Bukalapak

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukalapak.com (BUKA) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 16 Februari 2022.

Setelah pengumuman tanggal RUPSLB pada Senin (10/1/2022), saham BUKA ditutup turun tipis 0,85% ke level Rp 468/saham, pada penutupan perdagangan sesi I hari ini.

Bukalapak diketahui akan meminta persetujuan pemegang saham terkait jajaran direksi baru perusahaan. Belum diketahui agenda lain dalam RUPSLB mendatang.


Sebelumnya, BUKA telah menginformasikan bahwa Komite Remunerasi dan Kompensasi telah mengajukan rekomendasi kandidat Direktur Utama/CEO dan Direktur tambahan Perseroan untuk kemudian diajukan kepada Dewan Komisaris.

Dewan Komisaris telah membahas kandidat Direktur Utama/CEO dan anggota Direksi baru Perseroan tersebut dan mengusulkan:

1. Bapak Willix Halim sebagai Direktur Utama/CEO Perseroan
Willix bergabung dengan Bukalapak sebagai Chief Operating Officer Bukalapak pada tahun 2016. Ia berperan penting dalam pertumbuhan Bukalapak menjadi Unicorn, mengembangkan Mitra Bukalapak hingga menjadi pemimpin pasar 020 (Online to Offline), memperluas variasi produk dan layanan digital Bukalapak. Performa bisnis dan berbagai pencapaian Bukalapak ini kemudian mengantarkan Bukalapak menjadi perusahaan teknologi pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia pada 2021. Willix mendapatkan gelar sarjana Computer Science dan Mechatronics dengan First Class Honors pada tahun 2009 dari University of Melbourne. Beliau adalah valedictorian di angkatannya pada tahun 2009.

2. Bapak Howard Nugraha Gani sebagai anggota baru Direksi Perseroan
Howard Nugraha Gani memulai karirnya di Ericsson Australia sebagai engineer. Sebelum kembali ke Indonesia, beliau memperoleh gelar MBA di INSEAD. Kemudian, beliau melanjutkan karirnya di Bain & Company selama lebih dari 3 tahun, sebelum akhirnya bergabung di Bukalapak. Howard telah memimpin inisiatif-inisiatif utama Mitra Bukalapak dan saat ini menjabat sebagai CEO PT Buka Mitra Indonesia. Howard merupakan kandidat yang memiliki pengalaman luas dalam bisnis dengan berbagai latar belakang dan keahlian, seperti dalam inisiatif bisnis dan produk, manajemen kemitraan, dan strategi disrupsi dan growth hacking.

3. Bapak Victor Putra Lesmana sebagai anggota baru Direksi Perseroan
Victor Lesmana adalah kandidat yang memiliki pengalaman luas di beragam industri seperti layanan keuangan, teknologi, consumer goods, M&A, dan supply chain berkat pengalamannya di IBM USA, China, dan Singapura, serta di The Boston Consulting Group (BCG). Saat ini Victor memimpin berbagai divisi inti di Bukalapak, termasuk Marketplace, Digital Products, Logistics & Supply Chain, Payment, Financial Technology dan New Businesses. Victor mengenyam pendidikan di Nanyang Technological University, Singapura dan lulus sebagai lulusan terbaik di angkatannya dan mendapatkan medali emas Lee Kuan Yew.

Selanjutnya, usulan pencalonan tersebut akan diajukan untuk disetujui oleh para Pemegang Saham Perseroan dalam RUPSLB yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal para kandidat Presiden Direktur dan tambahan Direktur baru tersebut di atas disetujui oleh para pemegang saham dalam RUPSLB, maka susunan Direksi Bukalapak akan menjadi sebagai berikut.


1. Direktur Utama/CEO: Willix Halim;
2. Direktur: Teddy Nuryanto Oetomo;
3. Direktur: Natalia Firmansyah;
4. Direktur: Howard Nugraha Gani
5. Direktur: Victor Putra Lesmana

Adapun RUPSLB akan diselenggarakan secara fisik dan elektronik (e-RUPS) berdasarkan POJK Nomor 16/POJK.04/2020 tentang Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka Secara Elektronik yang disediakan dengan menggunakan sistem Rapat Umum Pemegang Saham Elektronik yang diselenggarakan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Pemegang saham Perseroan yang berhak hadir atau diwakili dalam Rapat adalah Pemegang saham Perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 24 Januari 2022 dan/atau pemilik saham dalam saldo sub rekening efek di KSEI pada tanggal 24 Januari 2022 sampai dengan penutupan perdagangan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia.

Berdasarkan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Otoritas Jasa keuangan No. 15/POJK.04/2020, pemanggilan Rapat akan diumumkan pada tanggal 25 Januari 2022.

Merujuk pada ketentuan Pasal 16 POJK No. 15/POJK.04/2020, 1 (satu) pemegang saham atau lebih yang mewakili 1/20 (satu per dua puluh) atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara dapat mengusulkan mata acara Rapat secara tertulis kepada Direksi paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum pemanggilan Rapat yaitu tanggal 18 Januari 2022 dengan menyertakan alasan dan bahan usulan mata acara rapat sebagaimana dimaksud sepanjang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tiba-tiba Saham Bukalapak Bangkit 4%, Giliran IHSG Ambruk!


(vap/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading