Erick Heran RI Kaya Sumber Daya Alam, Tapi Krisis Energi

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 January 2022 16:25
Menteri BUMN Erick Thohir (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai PT PLN (Persero) melakukan kesalahan besar karena sampai mengalami krisis energi. Padahal Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah.

"Saya rasa kita negara penghasil sumber daya alam dan komposisi cukup aman. Banyak negara yang tidak punya sumber daya alam [tapi] tidak mengalami krisis energi, artinya harus ada yang diperbaiki," kata Erick di kantor Kementerian BUMN, Kamis (6/1/2022).

Dia menjelaskan, permasalahan energi untuk PLN ini sebenarnya telah dibahas sejak tahun lalu. Juga dalam rapat yang dipimpin langsung oleh dirinya bersama dengan Kejaksaan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada Januari 2021.


Rapat ini untuk membahas pemenuhan batu bara untuk PLN jika terjadi kondisi seperti La Nina yang berdampak pada produksi yang turun dan pengiriman yang terhambat.

Namun, nyatanya saat ini masalah tersebut kembali terjadi sehingga dia menekankan bahwa hal tersebut perlu untuk dilakukan perbaikan.

"Karena itu kita sebagai negara yang punya sumber daya alam tidak punya rencana, apalagi tidak menjaga [agar] tidak jadi krisis, ini adalah kesalahan besar," tegasnya.

Seperti yang diketahui, 10 juta pelanggan listrik PLN hampir mengalami pemadaman, dikarenakan 20 pembangkit listrik PLN itu tidak mendapatkan pasokan batu bara.

Saat ini akibat kelangkaan batu bara ke pembangkit listrik milik PLN, pemerintah memutuskan untuk melarang seluruh kegiatan ekspor pertambangan batu bara baik IUP, IUPK dan PKP2B.


[Gambas:Video CNBC]

(mon/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading