Tajir Melintir! Tapi Ada Bisnis Raffi Ahmad yang Bangkrut

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
06 January 2022 10:30
Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Rafathar (Joko Supriyanto/detikHOT)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raffi Ahmad, salah satu selebriti yang paling populer di Tanah Air, di mana jumlah pengikut Instagramnya bersama sang istri Nagita Slavina mencapai lebih dari 57 juta, merupakan salah satu artis yang memiliki kekayaan dan pendapatan terbesar di Tanah Air.

Tak hanya di Instagram saja, di channel Youtube artis yang kerap dipanggil 'sultan' oleh para pengikutnya juga salah satu akun dengan pelanggan terbanyak, berada di posisi empat secara keseluruhan di Indonesia dengan total mencapai 22,6 juta.

Pendapatan Raffi Ahmad dari channel Youtube RANS Entertainment, berdasarkan data dari situs statistik dan analitik media sosial, yakni Social Blade diperkirakan berada di kisaran US$ 610,2 ribu hingga US$ 9,8 juta atau setara dengan Rp 8,77 miliar hingga Rp 140,87 miliar secara tahunan Per Desember 2021 lalu.


Selain dari Youtube, sumber pendapatan lain Raffi Ahmad yakni berasal dari Acara Televisi. Kariernya sebagai artis yang kerap muncul di beragam acara televisi lintas stasiun TV dan hingga kini masih mempertahankan pekerjaan utamanya yang wara-wiri di layar kaca.

Sumber pendapatan Raffi lainnya juga berasal dari perannya sebagai duta merek. Kesepakatan bisnis untuk menjadi duta merek tertentu memang nilainya susah ditaksir, apa lagi dengan kompleksnya perjanjian antara kedua bellah pihak.

Diketahui, Raffi saat ini menjadi duta dari perusahaan pengiriman logistik yakni SiCepat Ekspres dan salah satu produk kecantikan yang berhasil memampangkan muka pesohor Indonesia di salah satu papan iklan di Time Square, New York.

Selain dari artis, Youtube, dan Instagram, sumber pendapatan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga berasal dari bisnis yang dia rintis.

Bisnis Raffi Nagita bukan hanya berpatok di dunia hiburan semata. Mereka banyak membuka bisnis di bidang lainnya seperti kosmetik, baju, makanan dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, tidak diketahui pasti total kekayaan yang didapatkan oleh Raffi dan Nagita melalui RANS Entertaintment.

Adapun gurita bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di bawah naungan RANS Entertaintment adalah:

1. RANS Music

Tidak jauh dari industri hiburan, Raffi Ahmad membangun bisnisnya di bidang music bernama RANS Music. Perusahaan rekaman musik yang didirikan oleh Raffi-Nagita ini berawal pada tahun 2019. Berawal dari segmen musik di kanal YouTubenya, RANS Music akhirnya dijadikan sebagai label rekaman.

2. PowerRANSgers

PowerRANSgers merupakan RANS Entertainment Crew yang memiliki akun Instagram tersendiri dan channel YouTube yang menayangkan kegiatan-kegiatan dari crew RANS Entertainment. Di dalamnya banyak konten seputar karier di RANS Entertainment dan konten-konten menarik lainnya.

3. RANS Animation Studio

Bukan hanya dunia perfilman, RANS Entertainment juga melebarkan sayap melalui RANS Animation Studio yang berhasil memproduksi serial animasi seperti "Si AA".

4. RANS E-Sport

Masih ada lagi usaha Raffi Ahmad yang masuk ke dalam lini bisnis RANS Entertainment, yakni RANS E-Sport yang diperkenalkan pada tahun 2020. Usaha ini bergerak di dunia digital gamers. Raffi Ahmad mengakuisisi beberapa tim e-Sport pada beberapa platform game seperti Mobile Legends, Free Fire dan Call of Duty Games.

5. RANS Cilegon FC dan RANS PIK Basketball

Di bidang olahraga, Raffi Ahmad mengakuisisi klub sepak bola liga 2 Cilegon FC pada 31 Maret 2021 dan diganti menjadi RANS Cilegon FC. Ini merupakan klub sepak bola profesional Indonesia yang berasal dari Cilegon, Banten. Selain itu ada juga RANS PIK Basketball yang berada di cabang olahraga basket.

6. RANS Beauty

Baru-baru ini, RANS menambahkan usaha bisnisnya di bidang kecantikan dan perawatan tubuh yang diberi nama RANS Beauty. Saat ini, pengikut RANS Beauty di Instagram sudah mencapai 190 ribu.

7. RANS Zoo

RANS Entertainment saat ini sedang mempersiapkan proyek taman bermain, yakni RANS Carnival City Zoo yang akan ditargetkan dibuka untuk umum pada tahun ini. Kebun binatang yang akan segera di bangun di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara ini memiliki luas 2,6 hektar.

Raffi Ahmad mengatakan bahwa kebun binatang ini akan dibuka secara publik di pertengahan tahun 2022. Raffi Ahmad mengatakan bahwa konsep bisnis barunya terinspirasi dari Nagita setelah kelahiran anak keduanya, Rayyanza.

Selain di bawah naungan RANS Entertaintment, keluarga RANS ini masih memiliki banyak usaha bisnis di dunia kuliner dan lifestyle.

Berikut daftar bisnis yang dikelola RANS pada bidang kuliner dan lifestyle, seperti pakaian.

1. Brulee Mama Gigi

2. Toko Mama Gigi

3. Mango Bomb

4. Bakmie RN

5. RaDen

6. RA Jeans

Bisnis Raffi Ahmad Ini Tak Berhasil, Sudah Ada yang Bangkrut
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading