Selamatkan Lira Turki, Erdogan Imbau Warga 'Buang' Dolar Cs

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
01 January 2022 19:30
Topik_Turki_besar

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada Jumat (31/12), Presiden Turki, Tayyip Erdogan, mengatakan bahwa masyarakatnya harus menyimpan semua tabungan mereka menggunakan mata uang lira. Ini disebabkan karena volatilitas nilai tukar lira baru-baru ini mulai kembali terkendali setelah sebelumnya mata uang tersebut melemah tajam dalam dua bulan terakhir terhadap dolar AS.

"Saya ingin semua warga saya menyimpan tabungan mereka dengan mata uang kami sendiri, menjalankan semua bisnis mereka dengan mata uang kami sendiri," kata Erdogan dalam pidatonya di Istanbul.

"Jangan lupakan ini: selama kita tidak mengambil mata uang kita sendiri sebagai patokan, kita pasti akan tenggelam. Lira Turki, uang kita, itulah yang akan kita pakai. Tidak dengan mata uang asing," tambahnya


Melansir dari Reuters, Sabtu (1/1/2021), Erdogan juga meminta masyarakatnya, khususnya kalangan pebisnis, untuk membawa tabungan emas mereka ke dalam sistem perbankan.

"Untuk beberapa waktu, kami telah mengobarkan pertempuran menyelamatkan ekonomi Turki dari siklus suku bunga tinggi dan inflasi tinggi, dan membawanya ke jalur pertumbuhan melalui investasi, lapangan kerja, produksi, ekspor, dan surplus neraca berjalan," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, perekonomian Turki menurun drastis dalam beberapa bulan terakhir karena melemahnya mata uang lira. Krisis mata uang lira sendiri dipicu oleh penurunan suku bunga agresif bank sentral sebesar 500 basis poin sejak bulan September.

Hal tersebut juga terjadi karena adanya tekanan kebijakan yang dilakukan Erdogan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kredit dan ekspor. Sayangnya, rencana tersebut malah gagal dan membuat mata uang lira melemah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sakti Mandraguna! "Sabda" Erdogan Bikin Kurs Lira Meroket 20%


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading