Astra Caplok Tol Pandaan-Malang dari Jasa Marga dkk

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 December 2021 18:15
Signing Ceremony Sales Purchase Agreement of PT Jasamarga Pandaan Malang. (Ist Jasamarga)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) resmi mengakuisisi 49% saham jalan tol Pandaan-Malang dari pemegang saham sebelumnya. Dengan adanya transaksi ini, maka jalan tol tersebut saat ini dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sebesar 51% dan Astra melalui PT Astra Tol Nusantara (Astra Infra) sebesar 49%.

Pembelian 49% saham ini merupakan milik PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), dan Jasa Marga (Persero).

Goup CEO Astra Infra Djap Tet Fa mengatakan akuisisi ini memperkuat portfolio bisnis jalan tol perusahaan. Ini merupakan bentuk investasi perusahaan untuk terus bertumbuh dan berkontribusi di tengah pandemi.


"Tol Pandaan-Malang merupakan ruas tol ke-8 bagi ASTRA Infra sehingga akuisisi ini akan menambah kontribusi ASTRA Infra di jalan tol menjadi total panjang 396 kilometer," kata dia dalam siaran persnya, Kamis (30/12/2021).

Adapun PTPP elepaskan kepemilikan saham sebesar 35% di PT Jasamarga Pandaan Malang Tol, pengelola tol Pandaan-Malang ini.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan pelepasan kepemilikan saham ini merupakan bagian dari program smart recycling asset perusahaan di tahun ini.

"Dana segar hasil smart recycling asset Jalan Tol Pandaan-Malang tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja perusahaan dan pengembangan proyek investasi infrastruktur lainnya. Kami percaya aksi korporasi ini akan memberikan benefit yang baik untuk ASTRA Infra dan juga bagi PTPP sendiri," kata Novel dalam keterangan terpisah.

Untuk diketahui, tol Pandaan-Malang ini memiliki panjang tol 38,5 kilometer. Menghubungkan Pandaan, Purwosari, Purwodadi, Lawang, Singosari, Karangko, dan berakhir di Malang.

Tol ini telah beroperasi penuh sejak tahun 2020. Jalan Tol Pandaan-Malang ini dirancang untuk meningkatkan konektivitas di kawasan tersebut.

Selain itu, jalan tol ini juga mendukung peningkatan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Kota Malang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Setelah Astra, Giliran Grup Ciputra Suntik Sayurbox


(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading