Tol Sumo Patungan Jasa Marga-Astra Dapat Utang BCA Rp 3,8 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
15 October 2021 16:45
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) sepanjang 36,27 Km, di depan gerbang tol Warugunung, Jawa Timur, Selasa  (19/12/2017). Tol Sumo terhubung dengan Tol Mojokerto-Kertosono (Moker) yang telah beroperasi sebelumnya, sehingga total Surabaya - Jombang - Kertosono 76 km dapat ditempuh hanya sekitar 1 jam saja, atau 2 jam lebih cepat dari jarak waktu yang harus ditempuh sebelumnya.

Foto udara ruas Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Jawa Timur. Tarif Tol Sumo ditetapkan  berdasarkan Kepmen PUPR No.916 tahun 2017 sebesar Rp 1.050 per km untuk tarif golongan I atau Rp 38 ribu untuk jarak terjauh. 

Tol Sumo menambah panjang ruas tol di Jawa Timur menjadi 199 Km. Tambahan ruas tol ini merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa (Merak-Banyuwangi) sepanjang 1.167 Km yang ditargetkan tersambung keseluruhan pada akhir tahun 2019. Sementara jalur Merak - Surabaya sendiri ditargetkan rampung pada akhir 2018.

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengelola tol BUMN, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya, PT Jasamarga Surabaya - Mojokerto (PT JSM) memperoleh pembiayaan kredit sebesar Rp 3,80 triliun dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Hal ini disepakati dalam perjanjian kredit yang diwakili oleh pemegang saham kedua pihak pada Rabu lalu (13/10/2021) di Menara BCA, Jakarta.

Direktur Bisnis Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, pembiayaan kredit ini selain akan digunakan untuk pembiayaan kembali pinjaman kredit eksisting, juga untuk kegiatan pemeliharaan dan operasional di PT JSM, sekaligus untuk penguatan kas.


Dengan demikian ke depannya, kata Agus, kinerja dan layanan di Jalan Tol Surabaya - Mojokerto (Tol Sumo) bisa lebih meningkat dari sebelumnya, dibarengi dengan peningkatan teknologi yang digunakan.

PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya, PT Jasamarga Surabaya - Mojokerto (PT JSM) memperoleh pembiayaan kredit sebesar Rp 3,80 triliun dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Dok JSMRFoto: PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya, PT Jasamarga Surabaya - Mojokerto (PT JSM) memperoleh pembiayaan kredit sebesar Rp 3,80 triliun dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Dok JSMR
PT Jasa Marga Tbk (JSMR), melalui anak usahanya, PT Jasamarga Surabaya - Mojokerto (PT JSM) memperoleh pembiayaan kredit sebesar Rp 3,80 triliun dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Dok JSMR

"Pembiayaan kredit ini selain untuk pembiayaan kembali pinjaman kredit eksisting, tentunya akan menjadi dukungan yang baik untuk PT JSM dan akan menambah kas perusahaan, Jasa Marga dan Astra Infra menyambut baik pembiayaan ini, dan akan digunakan sebaik mungkin untuk operasional dan pengembangan teknologi di jalan tol Surabaya - Mojokerto," kata Agus Setiawan, dalam keterangan resmi, Jumat (15/10/2021).

PT JSM adalah perusahaan yang sahamnya dimiliki Jasa Marga bersama Astra Infra. Saat ini, Jasa Marga tercatat memiliki 55, 51% saham dan Astra Infra sebesar 44,49% saham.

Jalan Tol Surabaya - Mojokerto sendiri memiliki total panjang 36,27 Km, dengan 4 seksi yaitu, Seksi IA Waru - Sepanjang (2,3 Km), Seksi IB Sepanjang - WRR (4,3 Km), Seksi II WRR - Driyorejo (5,1 Km), dan Seksi III Driyorejo - Krian (6,1 Km).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading