Resign dari Bukalapak, Begini Karir Rachmat Kaimuddin

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 December 2021 14:07
CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) telah menerima pengunduran diri dari Direktur Utamanya Muhammad Rachmat Kaimuddin. Pengunduran diri ini disampaikan Rachmat pada Selasa lalu, 28 Desember 2021.

Dalam keterangan yang disampaikan manajemen Bukalapak, pengunduran diri Rachmat ini dilakukan lantaran dirinya akan bekerja untuk pemerintah.

"Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," kata Perdana Arning Saputro, VP of Corporate Secretary Bukalapak, dalam keterangannya Rabu (29/12/2021).


Namun demikian, hingga saat ini Rachmat masih menduduki posisinya ini dan akan membantu proses transisi kepemimpinan di internal Bukalapak.

Rachmat telah menjabat sebagai pucuk pimpinan di Bukalapak hampir dua tahun terakhir. Dia efektif menjadi direktur utama di e-commerce lokal ini pada 6 Januari 2020, meski pengumuman bahwa dirinya akan menggantikan Achmad Zaky telah disampaikan sejak Desember 2019.

Kala itu, Zaky mundur dari jabatan orang nomor satu di Bukalapak jelang akhir 2019 silam.

Sebelum didapuk ke Bukalapak, Rachmat telah menduduki posisi bergengsi yakni Direktur Keuangan dan Perencanaan untuk PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) atau kini bernama KB Bukopin. Posisi ini telah dijabatnya sejak 2018. Sebelumnya, dia merupakan komisaris di bank yang sama yang kemudian menjadi direksi mulai 2014.

Sebelum merambah karir ke bank, Rachmat juga pernah berkarir sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia, dan Principal di Quvat.

Dia meraih gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA, dan Master of Business Administration dari Stanford University, California, Amerika Serikat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Bukalapak Drop, Berapa 'Harta' CEO Rachmat Kaimuddin?


(mon/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading