Kado Akhir Tahun, bank bjb Luncurkan Sejumlah Produk Digital

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
24 December 2021 18:03
bank bjb merilis beragam produk digital.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb baru saja meluncurkan beberapa produk digital terbarunya untuk masyarakat.

Produk dan layanan digital tersebut adalah Program Desa Digital 2.0, serta Kredit bjb MESRA untuk kelompok umat beragama dan lulusan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta).

Peluncuran produk dan layanan digital terbaru itu dilakukan bjb di Gedung Pemberdayaan Ekonomi Umat GKP Immanuel Karawang, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021). Acara tersebut turut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana, Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya, Komisaris Independen bank bjb Fahlino F.Sjuaib, Komisaris bank bjb Muhadi, Direktur Utama bank bjb Yuddy Rinaldi, dan Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari.


Sejumlah produk dan layanan digital terbaru diluncurkan bank bjb sebagai bentuk komitmen perusahaan mendukung visi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Melalui Program Desa Digital 2.0, perusahaan memberikan perhatian kepada kawasan pedesaan sebagai aglomerasi pemukiman dengan berbagai mata pencaharian dan latar belakang, serta memiliki potensi ekonomi yang perlu dikembangkan.

Pengembangan potensi kawasan pedesaan dapat dipercepat dengan transformasi digital. Karena itu, bank bjb bersama Pemprov Jabar berkolaborasi menyediakan kemudahan akses produk perbankan dan internet bagi masyarakat desa.

Saat ini, sedikitnya sudah ada 30 desa digital yang berada di Kabupaten Karawang. Melalui program desa digitalmasyarakat diajak untuk mengubah cara bertransaksi dari tunai menjadi nontunai atau cashless.

Program ini juga dijalankan sebagai upaya menjadikan desa sebagai pusat pelayanan keuangan masyarakat, seperti untuk membayar pajak daerah (PBB, Samsat, pembayaran kewajiban lainnya), penarikan dan penyetoran uangserta menjadi etalase penjualan produk UKM masyarakat.

"Dengan arus digitalisasi yang semakin mengalir deras masuk ke desa-desa, pelaku UMKM harus menyambutnya sebagai peluang guna memperbesar skala usaha," kata Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto dalam keterangan tertulis.

Kemudian, melalui produk Kredit bjb MESRA, perusahaan hendak menyediakan akses pembiayaan yang mudah diakses pelaku UMKM. Perluasan akses kredit ini dilakukan dengan cara menyediakan fasilitas Kredit MESRA khususnya untuk kelompok umat beragama dan lulusan Sekoper Cinta.

Sebagai catatan, Sekoper Cinta adalah program pemberdayaan wanita yang memfasilitasi para perempuan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

Kehadiran Kredit MESRA mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan dari bank, karena fasilitas ini tersedia tanpa bunga dan agunan. Produk Kredit MESRA juga bisa dimanfaatkan oleh seluruh kelompok beragama yang diakui di Indonesia.

"Keberadaan Kredit MESRA adalah wujud komitmen dan keberpihakan bank bjb untuk terus memicu perekonomian, khususnya sektor UMKM," tutur Widi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kinerja Positif, NPL bank bjb Turun 1,3% di Kuartal 3


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading