Dari Dirut-Komisaris Vale, Nico Kanter Resmi Jadi Dirut Antam

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
23 December 2021 18:55
Direktur Umum Vale Nico Kanter

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mengangkat Nicolas D. Kanter alias Nico Kanter menjadi Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Penunjukan ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini, Kamis (23/12/2021) di Jakarta.

Sosok Nico Kanter tak asing dengan dunia pertambangan dan hilirisasi pertambangan (smelter), terutama nikel, karena saat ini dia juga menjabat sebagai Komisaris PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sejak 29 April 2021. Sebelumnya, dia telah menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO PT Vale Indonesia Tbk selama sembilan tahun.


Mengutip situs Vale, sejak tahun 2009 hingga tahun 2011, Nico Kanter juga sempat menjabat sebagai Komisaris Independen PT Vale.

Namun sebelum terjun ke industri pertambangan nikel ini, sebelumnya Nico justru lama menggeluti industri hulu minyak dan gas bumi (migas). Nico pernah menjabat sebagai Head of Country BP Indonesia sejak 2008, yang membawahi seluruh bisnis BP di Indonesia dan memastikan pengintegrasian BP di Indonesia. Seperti diketahui, BP merupakan salah satu 'raksasa' migas asal Inggris.

Mengawali kariernya di BP Indonesia pada 1984 sebagai Pengacara Perusahaan, sampai dengan diangkatnya pada tahun 1996 sebagai Human Resources Manager, beliau telah menjabat di berbagai departemen yang berbeda di BP Indonesia, mulai dari Departemen Purchasing, Finance, Control & Planning hingga Marketing & Commercial.

Lalu, dirinya dipromosikan sebagai Vice President Public & Government Affairs di BP/Arco Indonesia pada 1999 sampai 2001, kemudian Senior Vice President Human Resources & General Support di Vico Indonesia dari tahun 2001 hingga 2002.

Nico kemudian diperbantukan ke BP Asia Pacific & Middle East (Hong Kong) menjadi Executive Assistant for the Group Vice President Upstream dalam persiapan untuk jabatan kepemimpinan yang lebih senior dalam BP.

Sekembalinya beliau ke Indonesia pada tahun 2003, beliau diangkat sebagai Senior Vice President for Public and Government Affairs. Kariernya di BP terus berkembang hingga dia dipromosikan sebagai Executive Vice President Human Resources & Relations. Kemudian pada 2005, beliau dipercayakan untuk memegang jabatan sebagai Executive Vice President Human Resources & Relations di BP Indonesia.

Nico Kanter memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia pada tahun 1983 dan pada tahun 1990 memperoleh gelar Master of Business Administration dalam bidang International Business dari University of Southern California, Amerika Serikat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Proyeksi Produksi Nikel-Emas Antam di 2021


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading