Siap-siap! BNI Akuisisi Bank Mayora di Q1-2022

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
15 December 2021 15:09
Dirut BNI Raih Lifetime Achievement Award in Banking Industry

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mengakuisisi bank kian dekat. Manajemen memperkirakan, perseroan bakal mengeksekusi akuisisi bank tersebut pada kuartal pertama 2021.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengungkapkan, saat ini perseroan dalam proses mengakuisi bank. Berdasarkan kabar yang mengemuka, Bank Mayora disebut-sebut sebagai bank tujuan akuisisi BBNI.

"Kita memang dalam proses penyelesaian akuisisi di bank. mudah-mudahan kuartal 1, semua sudah selesai dan dapat approval dari OJK dan kita bisa mulai di kuartal 1," kata Royke kepada CNBC Indonesia.


Royke mengungkapkan, nantinya bank ini akan fokus sebagai bank digital yang fokus menyasar segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank yang memiliki ekosistem bisnis kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," kata dia dalam konferensi pers, Senin (25/10/2021).

Royke menyatakan, nantinya BNI akan menjalin mitra strategis yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi finansial. Pasalnya, teknologi menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pengelolaan bank digital dan bisa menekan biaya operasional yang lebih murah ketimbang bank konvensional.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menyambut baik rencana PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk mengakuisisi 'bank mini' untuk dimasukkan menjadi bagian dari ekosistemnya. Namun demikian, OJK belum bisa mengonfirmasi bank mana yang akan dicaplok ini.

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan upaya akuisisi ini membantu konsolidasi perbankan yang selama ini didorong oleh OJK.

"BNI itu tanya Pak Royke [Royke Tumilaar, Direktur Utama BNI] deh, saya ga bebrani jawab sebelum Pak Royke umumkan," kata Heru dalam Launching & Media Briefing terkait Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan OJK, Selasa (26/10/2021).

"Tapi saya tentunya menyambut baik usaha dari BNI untuk itu tentu ya. Tentunya juga membantu konsolidasi saya sangat senang dan saya apresiasi usaha itu," lanjutnya lagi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Soal Kabar BNI Caplok Bank Mayora, Bakal Lanjut IPO nih?


(sys/sys)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading