Serius Nih? Emiten Luhut Mau Bikin Motor Listrik Bareng Gojek

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 December 2021 10:04
TOBA

Jakarta, CNBC Indonesia - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan Gojek terkait pengembangan bisnis sepeda motor listrik di Indonesia.

TOBA melalui anak usahanya, PT Karya Baru TBS telah menandatangani akta pendirian PT Energi Kreasi Bersama, suatu perusahan patungan dalam bentuk perseroan terbatas yang didirikan PT Rekan Anak Bangsa.

Adapun, modal dasar yang ditempatkan dan modal disetor pada PT Energi Kreasi Bersama senilai Rp 71,75 miliar.


Dibentuknya joint venture itu antara lain, perusahaan ini nantinya akan bergerak dalam bidang perakitan sepeda motor, perdagangan sepeda motor, reparasi dan perawatan sepeda motor, pembiayaan, perakitan baterai untuk kendaraan bermotor hingga penyedia stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum.

"Keikutsertaan emiten dalam pendirian PT Energi Kreasi Bersama merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis emiten untuk menghilangkan jejak karbon serta mencapai target net zero emission di tahun 2030," ungkap Presiden Direktur TBS Energi Utama, Dicky Yordan, dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (13/12/2021).

Terkait mekanisme pengalihan saham, kedua pihak akan mendapatkan saham dalam PT Energi Kreasi Bersama dengan cara mengambil bagian dan melakukan setoran modal ke dalam PT Energi Kreasi Bersama.

"Setordan modal yang dilakukan melalui Karya Baru TVS dalam pendirian PT Energi Kreasi Bersama menggunakan dana internal," imbuh Dicky.

Perseroan meyakini, pembentukan joint venture ini akan memberikan tambahan pendapatan serta memperkuat kondisi keuangan emiten dan tidak akan mempengaruhi kegiatan operasional.

Pada perdagangan Senin ini, terpantau harga saham TOBA menguat 20,08% ke level Rp 1.450 per saham atau naik 255 poin dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 11,67 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saham Emiten Luhut Ngamuk, Ada Kerjasama dengan Gojek


(sys/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading