Ancaman dari China Berkurang, RI Bisa Terus Serok Cuan!

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
10 December 2021 10:20
Infografis/ Harga saham Meroket terus, ini 9 Saham Cuan Ribuan Persen Selama Setahun/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya harga energi membuat China sempat berada di jurang Stagflasi. Namun, saat ini ancaman itu sedikit mereda setelah indikator ekonomi negeri tiara bambu tersebut mulai menunjukkan perbaikan.

Terhindarnya China dari stagflasi pun diyakini oleh Bank Indonesia (BI).

"Kami sendiri tetap meyakini bahwa tidak akan terjadi stagflasi di China," ujar Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Hariyadi Ramelan kepada CNBC Indonesia, Rabu (8/12/2021).


Hariyadi menjelaskan, perbaikan ekonomi China tercermin dari indikator PMI manufaktur yang masuk zona ekspansi dan tekanan inflasi yang mulai mereda.

PMI Manufaktur Chiba pada November berada di posisi 50,1 naik dari Oktober di 49,2 poin.

Angka 50 jadi ambang batas, di atasnya berarti ekspansi, sementara di bawahnya berarti kontraksi.

Sebelumnya, PMI manufaktur China mengalami kontraksi dalam 2 bulan beruntun. Hal ini karena biaya produksi yang tinggi akibat tingginya harga energi seperti batu bara. Dampaknya marjin keuntungan jadi tergerus.

Krisis listrik juga menghantui aktivitas manufaktur kala itu yang membuat operasional pabrik jadi terbatas.

Pukulan tersebut membuat aktivitas manufaktur negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut pun loyo. Sehingga memicu kecemasan akan risiko kemerosotan perekonomian China.

Selain itu, tekanan inflasi di China juga mulai mereda. Biro Statistik Nasional China hari ini melaporkan inflasi di sektor produsen (producer price index/PPI) di bulan November tumbuh sebesar 12,9% year-on-year (yoy). Meski masih sangat tinggi, tetapi PPI tersebut sudah melambat ketimbang bulan sebelumnya 13,5% (yoy) yang merupakan level tertinggi dalam 26 tahun terakhir.

Sementara jika dilihat secara bulanan, PPI di November stagnan dibandingkan bulan Oktober. Selama 11 bulan di tahun ini, inflasi produsen tumbuh 7,9% dibandingkan periode Januari-November 2020.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Ekonomi China Membaik, Indonesia Cuan dari Jualan Komoditas 

Ini komoditas yang bisa kasih cuan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading