Luhut Mau Ada 30 Juta UMKM Onboarding di 2023

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 December 2021 17:30
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Rapat Terbatas “Evaluasi PPKM

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menginginkan penambahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) onboarding atau memanfaatkan platform digital mencapai 30 ribu pengusaha pada 2023. Salah satu daerah yang diharapkan menjadi penyumbang terbanyak adalah DKI Jakarta.

"Saya berharap DKI Jakarta bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan jumlah UMKM onboarding dari yang ditargetkan 30 juta pada 2023," katanya dalam pembukaan Festival Diskon nasional 2021, Sabtu (4/12/2021).

Dia mengimbau seluruh Pemerintah Daerah mendukung UMKM. Dengan pemberian anggaran yang cukup dan peningkatan kapasitas untuk persiapan ekspor, karena UMKM merupakan salah satu pencipta lapangan kerja yang besar.


Dari datanya, sampai dari kampanye Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) diluncurkan sejak 14 Mei 2021, peningkatan UMKM onboarding mencapai 100% atau dari 8 juta UMKM menjadi lebih dari 16 juta UMKM.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini juga mengapresiasi Festival Diskon Nasional 2021, yang dapat menggeliatkan daya beli hingga memberikan optimisme diantara pelaku usaha.

"Harapanya promosi ini dapat meningkatkan minat masyarakat semenjak BBI diluncurkan," katanya.

Sehingga selama bulan Desember ini akan menjadi momen untuk peningkatan transaksi penjualan UMKM dan artisan lokal karena banyak diskon menarik yang ditawarkan. Paling tidak ada 52.000 UMKM lokal dan 1021 merchant lokal yang ikut serta dalam Festival Diskon Nasional 2021 ini.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading