Diskon PPnBM 100% Mobil Baru Ada Tanda-Tanda Lanjut di 2022

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 December 2021 20:17
Nissan Motor Indonesia merilis SUV Nissan Kicks e-Power. Kicks e-Power merupakan crossover baru di Indonesia dengan menawarkan teknologi inovatif. Mobil anyar itu digadang memiliki sistem berbeda dengan hybrid.Mobil ini hadir dengan mesin yang sama dengan Nissan Note, yakni mesin 1,2 liter yang difungsikan sebagai generator untuk mengaliri tenaga listrik ke baterai. Nissan Kicks E-Power masih menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Akan tetapi penggeraknya sudah menggunakan motor listrik di masing-masing roda. Nissan Kicks sudah dapat dipesan di jaringan Nissan di Indonesia dengan harga on the road Jakarta Rp 473 untuk two tone dan Rp 471 untuk one tone. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberi sinyal diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru akan dilanjutkan di tahun depan. Diskon yang diberikan sama seperti sampai akhir tahun ini yakni 100%.

Jika ini dilanjutkan maka membeli mobil baru dengan kapasitas maksimal 1.500 cc tidak akan dikenakan PPnBM sampai tahun depan, sehingga harganya akan lebih murah.

"Kami masih kaji (perpanjangan insentif PPnBM 100%). Sudah dirapatkan dengan Kementerian terkait," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Rabu (1/12/2021).


Menurutnya, dalam pembahasan awal perpanjangan insentif ini ditujukan untuk mendorong penurunan emisi karbon. Sehingga ada kemungkinan mobil yang mendapatkan insentif PPnBM di tahun depan yang memiliki emisi rendah.

Ini sejalan dengan roadmap pemerintah yang berkomitmen menurunkan emisi karbon sebanyak 29% dengan usaha sendiri dan 41% dengan bantuan internasional pada tahun 2030 mendatang.

"Sebenarnya ada regulasi baru terkait dikaitkannya dengan penurunan emisi. Jadinya kalau formulasi baru itu efektifnya bisa turun," jelasnya.

Sebelumnya, sinyal perpanjangan insentif PPnBM 100% juga disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam beberapa kesempatan. Sebab, saat ini diskon PPnBM akan berakhir pada akhir tahun 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Tanda-Tanda Diskon PPnBM 100% Mobil Diperpanjang, Cek!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading