Internasional

Xi Jinping Telepon Presiden Israel Singgung Iran, Kenapa?

Market - sef, CNBC Indonesia
18 November 2021 06:22
INFOGRAFIS, Ini Modal Xi Jinping Jadi Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping tiba-tiba melakukan komunikasi via telepon dengan Presiden Israel Isaac Herzog, Rabu (17/11/2021). Ini merupakan pertama kalinya dilakukan Beijing sepanjang sejarah negeri itu.

China dan Israel sendiri menjalin hubungan diplomatik sejak 1992, 44 tahun setelah negara Yahudi dibentuk. Namun panggilan telepon itu, disebut kantor Herzog, adalah perdana dilakukan presiden China dan Israel.


Melansir AFP, kedua pemimpin membicarakan program nuklir Iran. Ini menjadi salah satu prioritas keamanan nasional Israel.

"Perlu menekankan untuk mencegah Iran memperoleh kemampuan senjata nuklir," kata Herzog, dikutip Kamis (18/11/2021).

"Iran merusak stabilitas regional di Timur Tengah."

Panggilan ini terjadi sebelum Iran dan kekuatan dunia kembali ke meja diskusi soal nuklir 29 November di Wina. Pembicaraan sempat terhenti di Juni.

Agenda utamanya adalah menghidupkan kembali perjanjian nuklir di 2015, yang menawarkan bantuan ke Iran asal membatasi kegiatan nuklirnya. Iran juga akan dibebaskan dari sanksi.

Kesepakatan itu sendiri awalnya dimulai sejak jaman mantan Presiden AS Barrack Obama . Namun sayangnya AS menarik diri ketika Donald Trump menjadi presiden di 2018.

Sementara itu mengutip kantor berita China Xinhua, panggilan telepon Xi dan Herzog dilakukan menjelang peringatan 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Beijing, tulis media itu, mempromosikan kemitraan yang komprehensif dengan negeri itu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading