Kabar Bahagia! DP 0% Rumah & Mobil Bisa Sampai 2023

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
27 October 2021 15:19
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo Saat Konfrensi Pers Mengenai Pemerintah & Bank Indonesia Perkuat Kerja Sama dlm Pembiayaan Sektor Kesehatan & Kemanusiaan (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) berencana untuk memperpanjang kebijakan uang muka atau down payment (DP) 0% hingga 2023. Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, saat ini BI telah melanjutkan pelonggaran DP 0% pembiayaan kendaraan bermotor dan pembelian semua jenis properti, mulai dari rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan.


Kebijakan DP 0% tersebut berlaku efektif 1 Januari 2022 sampai dengan 31 Desember 2022.

"ini diputuskan dilanjutkan sampai akhir 2022 dan kemungkinan bisa diperpanjang sampai 2023, sesuai dengan kebutuhan. Untuk memastikan kredit dan pembiayaan ke dunia usaha dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional," jelas Perry dalam konferensi pers KSSK, Rabu (27/10/2021).

Perry menjelaskan, pelonggaran ketentuan DP 0% pada kendaraan bermotor untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Adapun dalam pelonggaran rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) Kredit/Pembiayaan Properti menjadi paling tinggi 100% untuk semua jenis properti, bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu.

BI juga diketahui telah menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading