Cuma Butuh Waktu Sehari, Harta Taipan RI Ini Naik Rp 3,7 T

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
27 October 2021 06:40
Eddy Sariaatmadja (Foto: Forbes)

Jakarta, CNBC IndonesiaThe World's Real-Time Billionaires kembali memperbaharui data para orang kaya di Indonesia. Bahkan dalam data terbaru, ada taipan RI yang kekayaan bersihnya melesat Rp 3,7 triliun, bukan dalam sebulan, tapi dalam satu hari saja.

Penambahan kekayaan para taipan RI, yang dicatat oleh Forbes per Selasa kemarin itu (26/10), terjadi seiring dengan kenaikan harga saham sejumlah emiten yang menjadi perusahaan mereka.

Berdasarkan data Forbes yang diakses Selasa siang kemarin (26/10/2021), terungkap beberapa nama lama tetap bercokol sebagai orang paling tajir di Nusantara ini.


Adapun di dunia, bos Tesla Elon Musk nangkring di posisi pertama dengan kekayaan US$ 255,2 miliar atau setara dengan Rp 3.649 triliun (kurs Rp 14.300/US$) mengungguli pendiri e-commerce Amazon Jeff Bezos yang berada di urutan kedua.

Dalam sehari, kekayaan pendukung vokal aset kripto ini meroket hingga US$ 25,6 miliar (Rp 366,08 triliun) meningkat 11,13% dari hari sebelumnya. Sebagai perbandingan harta kekayaan orang paling tajir di Tanah Air masih di bawah nilai tersebut.

Lonjakan harta Elon Musk terjadi akibat kinerja kinclong saham Tesla yang dalam sehari tumbuh 12,66% buah dari laporan keuangan kuartal tiga yang baru dirilis di mana laba per saham perusahaan melewati ekspektasi pasar.

Di Indonesia, nama kakak beradik pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih mempertahankan posisinya sebagai orang kaya nomor satu dan dua di Tanah Air, yakni Hartono bersaudara.

Keduanya juga berhasil masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia.

Berikut update daftar 10 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 'The World's Real-Time Billionaires', yang diakses Selasa kemarin (26/10):

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 86 orang terkaya di dunia. Total kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 22,4 miliar atau setara Rp 320,32 triliun. Dalam sehari kekayaannya turun sebesar US$ 5 juta atau Rp 71,5 miliar.

Budi bersama kakaknya Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BBCA).

Hartono bersaudara membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di urutan kedua di Indonesia dan posisi 93 dunia, menyusul adiknya Robert Budi Hartono di posisi pertama.

Total kekayaannya mencapai US$ 21,5 miliar (Rp 307,45 triliun), meningkat dari total kekayaan yang tercatat di daftar orang terkaya 2021 sebesar US$ 19,7 miliar atau Rp 273,13 triliun. Sama halnya seperti sang adik, pundi-pundi yang didapatkan Michael berasal dari rokok dan perbankan.

Baru-baru ini konglomerasi Grup Djarum milik duo Hartono telah merampungkan akuisisi dua perusahaan dengan nilai investasi hampir mencapai Rp 20 triliun. Kedua tersebut ialah emiten pengelola Ranch Market yang diakuisisi lewat perusahaan e-commerce Blibli dan emiten menara telekomunikasi lewat anak usaha bisnis menara Grup Djarum.

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga dan 446 dunia terdapat nama Sri Prakash Lohia, miliarder pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR), yang lahir di Kolkata, India dengan kekayaan sebesar US$ 6,6 miliar atau setara Rp 91,35 triliun.

Dalam sehari kekayaannya berkurang US$ 120 juta (Rp 1,71 triliun).

NEXT: Ada Prajogo hingga Sariaatmadja

Dari Prajogo hingga Sariaatmadja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading