Bank Nobu Milik Lippo Rights Issue, Beli Gedung UPH Rp 193 M

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 October 2021 14:42
Dok. UPH

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan terafiliasi denganĀ Grup Lippo, PT Grahaputra Mandirikharisma (GPMK), menyatakan bakal menjadi pembeli siaga (standby buyer) dalam pelaksanaan rights issue atau penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang dilakukan PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU).

Bank milik Grup Lippo itu berencana menawarkan sebanyak 164.367.122 saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham dengan harga pelaksanaan Rp 1.205 per saham.

Nilai yang ditawarkan tersebut mewakili 3,57% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum terbatas (PUT), sehingga nilai PUT adalah sebanyak-banyaknya Rp 198,06 miliar.


Setiap pemegang 27 saham biasa atas nama yang namanya tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal 3 Desember 2021 pukul 16.15 WIB mendapatkan 1 HMETD di mana 1 HMETD berhak untuk membeli 1 saham baru.

Apabila saham baru yang ditawarkan dalam PUT ini tidak seluruhnya diambil pemegang saham atau pemegang HMETD, maka sisanya akan dijatahkan secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan saham berdasarkan harga pemesanan kepada pemegang HMETD lainnya.

Jika setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka pembeli siaga, yaitu GPMK akan membeli seluruh sisa saham yang tidak diambil bagian tersebut dengan harga yang sama dengan harga pelaksanaan, yaitu Rp1.205 setiap saham dengan total sebanyak-banyaknya Rp 193 miliar dengan melakukan penyetoran dalam bentuk lain selain uang (inbreng) dan sebanyak-banyaknya Rp 5,1 miliar dengan melakukan penyetoran tunai.

Rencananya, dana perolehan rights issue sebesar Rp 193 miliar akan digunakan perseroan untuk mengambilalih aset berupa Menara UPH dan Gedung Kantor GMT yang dimiliki oleh GPMK.

Dua aset yang dimaksud yakni sebagian ruang dalam Gedung Gajah Mada Tower (GMT) Lantai G, 1 dan 2, Jl. Gajah Mada No. 25-26, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat dan seluruh Gedung A Universitas Pelita Harapan (UPH), Jl. MH Thamrin No. 1 Lippo Karawaci, Tangerang, Banten

Sisanya, akan digunakan perseroan untuk modal kerja berupa penyaluran kredit kepada nasabah.

Data BEI mencatat, jelang penutupan perdagangan sesi II, Rabu (13/10), saham NOBU minus 2,54% di Rp 960/saham dengan nilai transaksi Rp 1,11 miliar. Sepekan saham ini minus 6% dan sebulan turun 14%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading