Bakal Banyak Bos BUMN Perempuan, Ini Target Kementerian Erick

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 October 2021 17:30
Konferensi pers acara Perempuan di BUMN, 11 Oktober 2021, Monica Wareza/CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Menteri Erick Thohir mengharapkan bisa terjadi kenaikan kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah seiring dengan dilakukannya peningkatan kesetaraan gender di lingkungan perusahaan pelat merah.

Namun hal ini baru bisa terjadi dalam jangka panjang jika hal tersebut konsisten dilakukan.

Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan peningkatan kepemimpinan perempuan di lingkungan BUMN telah mulai dilakukan dalam satu tahun terakhir.


Hanya saja, tak hanya dari segi jumlah, penting juga untuk mempertimbangkan kompetensi karyawan perempuan untuk memenuhi tuntutan dari jabatan tersebut.

"Untuk BUMN akan dilihat, kalau saya melihatnya jangka panjang kompetensi dan resiliensi. Kalau sembilan bulan mungkin belum tapi perubahan dinamisme dan komunikasi akan terlihat, jadi ada aspek yang dirasakan. Diharapkan bisa di-scale up, bisa meningkatkan dari segi bisnis," kata Tedi dalam konferensi pers di Gedung Kementerian BUMN, Senin (11/10/2021).

Untuk itu, menurut Tedi, program ini tidak bisa hanya dilakukan dalam kurun waktu satu hingga dua tahun saja, namun perlu dilakukan untuk jangka panjang.

Kementerian BUMN memang menargetkan kepemimpinan perempuan bisa mencapai 25% pada 2023 mendatang. Sedangkan jelang akhir 2021 ini kepemimpinan perempuan di Indonesia. Sedangkan pada akhir tahun ini ditargetkan sebesar 15% bisa tercapai.

Upaya yang sudah dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk mendorong kepemimpinan perempuan ini adalah dengan melakukan transformasi kebijakan untuk mendukung peningkatan kepemimpinan ini.

Selain itu juga dilakukan program pemberdayaan perempuan yang sejalan dengan target tersebut.

"Jadi dari branding, edukasi dan program riil yang sedang dilakukan. Jadi harapannya akan mencapai target kepemimpinan muda," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bocoran Pointer RUU BUMN, Rangkap Jabatan-BUMN 'Mati Suri'


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading