Bos Hutama Karya Ungkap 5 Tol Dijual ke INA, Ruas Mana Saja?

Market - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 October 2021 20:40
Budi Harto: Hutama Karya Tawarkan 5 Ruas Tol Sumatera ke INA (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Hutama Karya (Persero) menawarkan lima aset berupa jalan tol kepada Indonesia Investment Authorities (INA). Demikian disampaikan Direktur Utama HK Budi Harto dalam wawancara khusus dengan CNBC Indonesia, Selasa (5/10/2021).

"Sekarang kami bicara dengan dengan INA dan pihak INA sudah menurunkan tim survei. Ada lima ruas yang ditawarkan dengan total panjang 530 kilometer. Diharapkan dalam waktu yang tidak lama ada kesepakatan untuk recycle lima ruas tersebut," katanya.

Budi menjelaskan, kerja sama yang dilakukan dengan INA adalah divestasi aset tol, dan belum melirik jenis investasi lainnya.



Dalam pemberitaan CNBC Indonesia sebelumnya, ada beberapa ruas tol Trans Sumatra yang sedang ditawarkan seperti Bakauheni-Palembang, Pekanbaru-Dumai, hingga Medan-Binjai.

Nantinya, setelah melakukan divestasi, dana segar yang dihasilkan akan digunakan untuk mengembangkan atau menjadi modal kerja pada ruas jalan tol lainnya. Terutama yang saat ini sedang dikerjakan.

"Kalau kami tidak me-recycle ruas beroperasi, setiap tahun akan ada defisit kas, ini akan ditutup dengan pinjaman. Kami bisa berhasil bertransaksi dengan INA berdasarkan pinjaman kami dan ada kelebihan untuk ruas-ruas berikutnya," kata Budi dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (1/9/2021).

HK juga sudah menerima sejumlah penyertaan modal negara. Totalnya di tahun ini sebesar Rp 25 triliun untuk penyelesaian jalan tol di Sumatra.

Budi optimistis bisnis jalan tol akan semakin membaik. Utamanya dari peningkatan mobilitas masyarakat yang juga mendorong angka lalu lintas harian (LHR) di jalan tol. Imbasnya nilai valuasi tol juga akan terus terangkat atau kembali ke level sebelum pandemi Covid-19.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading