Amazon Mau Join? BEKS Tambah Modal dari Rights Issue Rp 1,8 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 October 2021 12:05
Public Expose Bank Banten 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten bank BPD, PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS), berencana menambah modal dengan skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya Rp 1,80 triliun.

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan perusahaan, Selasa (5/10/2021), Bank Banten berencana menerbitkan sebanyak 23,38 miliar saham baru seri C atas nama atau setara 34,79% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah pelaksanaan HMETD.

Harga pelaksanaan rights issue tersebut ditetapkan Rp 77 per saham, sehingga, jumlah dana yang akan diterima perseroan dalam penawaran umum terbatas (PUT) ke-7 ini seanyak-banyaknya Rp 1,80 triliun.


Pemegang saham utama perseroan, PT Banten Global Development tidak akan melaksanakan haknya sesuai dengan porsi kepemilikkannya dalam PMHMETD VII ini dan tidak melakukan pengalihan HMETD yang dimiliki oleh BGD kepada pihak manapun.

"Sampai dengan prospektus ini diterbitkan, tidak terdapat adanya pembeli siaga dalam PMHMETD VII ini," tulis manajemen Bank Banten, dikutip Selasa (5/10/2021).

Rencananya, seluruh dana yang diperoleh perseroan dari hasil rights issue ini akan digunakan untuk ekspansi bisnis perseroan, khususnya untuk penyaluran kredit sekitar 65% serta penguatan struktur keuangan perseroan sebesar 35%.

Seperti diketahui, Bank Banten sedang menginisiasi layanan digital dengan bekerjasama dengan PT Fortress Data Services (FDS). Melalui FDS, nantinya Bank Banten mempersiapkan transformasi digital, baik bagi nasabah hingga operasional perbankan menggunakan teknologi dari Amazon Web Services (AWS).

Terkait rights issue ini, perseroan sudah memperoleh restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 Oktober 2020. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah diperoleh pada 30 September 2021.

Tanggal terkahir perdagangan saham dengan HMETD di pasar reguler dan pasar negosiasi 8 Oktober dan pasar tunai 12 Oktober. Adapun, tanggal mulai perdagangan saham tanpa HMTED (ex-right) di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 11 Oktober dan 13 Oktober di pasar tunai.

Pencatatan HMETD ini di BEI akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2021 dengan periode perdagangan HMTED pada 14-21 Oktober.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bu Sri Mulyani, Bank Banten Siap Menyalurkan Dana PEN!


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading