Grab Kuasai 90% Kepemilikan OVO, Tokopedia Keluar?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
04 October 2021 14:20
Pembayaran Digital, E Wallet (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan induk Grab Indonesia, Grab Holdings Inc. meningkatkan kepemilikan sahamnya di perusahaan dompet digital OVO menjadi 90% dari sebelumnya sebesar 39% melalui PT Bumi Cakrawala Perkasa.

"Grab Holdings Inc. meningkatkan kepemilikannya dari penyedia dompet elektronik Indonesia OVO menjadi sekitar 90% dengan mengakuisisi saham dari PT Tokopedia dan Lippo Group," mengutip Bloomberg, Senin (4/10/2021).

Grab yang berbasis di Singapura juga berencana untuk go public melalui merger dengan Altimeter Growth Corp pada akhir tahun ini.


Sebelum transaksi ini, sebelumnya Grup Lippo tercatat menggenggam kepemilikan sebesar 7,2% saham di induk OVO, Bumi Cakrawala Perkasa (BCP).

Grab tercatat sebagai pemegang saham terbesar 39,2% dan Tokopedia mempunyai 36,1% saham di BCP.

Pemegang saham lainnya, Tokyo Century Corporation tercatat memiliki 7,5%. Wahana Inovasi Lestari tercatat sebesar 5%.

Dengan transaksi itu, Grab kian melebarkan ekosistem bisnisnya tidak hanya berbasis ride hailing, melainkan menjadi layanan keuangan.

"Grab telah berkembang melampaui layanan ride-hailing menjadi layanan keuangan dan awalnya diinvestasikan di Ovo sebagai bagian dari upaya itu," kata laporan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading