Bos Tokopedia Buktikan Keberpihakan ke UMKM Lokal

Market - dob, CNBC Indonesia
17 September 2021 15:37
Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya

Jakarta, CNBC Indonesia- Di tengah serangan produk impor melalui e-commerce lintas negara atau cross border, CEO & Founder Tokopedia, William Tanuwijaya membuktikan keberpihakannya kepada pelaku usaha atau UMKM asli Indonesia.

Berbicara dalam RDP dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (15/9/2021), William menjelaskan bahwa pada awalnya bisnis e-commerce di Indonesia menerapkan sistem cross border. Namun, beberapa e-commerce dari Merah Putih seperti Tokopedia dan Bukalapak memilih untuk berpihak kepada pengusaha lokal. Hal itu dibuktikan dengan menutup akses ke pedagang luar negeri berjualan di platform mereka.

"Dari hari pertama pun e-commerce itu cross-border. Tapi beberapa pelaku nasional seperti Tokopedia & Bukalapak dengan hati nurani kami memilih untuk berpihak (pada pengusaha lokal)," ujar William.


"Kami tidak membuka bagi pedagang luar bisa berjualan di platform kami. Kami hanya bisa berikan proteksi semaksimal mungkin yang kami dapat lakukan, yaitu yang bisa jualan hanya pedagang nasional," imbuhnya.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia AKUMINDO, Ikhsan Ingratubun mengatakan barang impor yang diperdagangkan di marketplace Indonesia menjadi ancaman bagi barang dagang UMKM Indonesia.

Dia pun meminta pemerintah untuk segera mengatur produk impor yang dijual di marketplace. Ia berharap pemerintah mengatur agar UMKM Indonesia mendapat porsi besar dalam berdagang di marketplace.

"Meningkatnya pemain UMKM di dunia marketplace ini, ada satu hot isu yang menjadi sorotan yakni pemerintah harus mulai mengatur tentang produk impor yang dijual di marketplace," ujarnya dalam dialog bertajuk 'Kreativitas UMKM Bertahan di Masa Pandemi' secara virtual, Rabu (16/6).

Dia meminta perbaikan aturan Permendag No. 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik harus mengatur soal kesetaraan berbisnis dalam marketplace untuk UMKM.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading