'Kiamat' BBM Sudah Dekat? Masih Jauh!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 September 2021 08:44
An employee pumps fuel into a customer's motorcycle at French oil giant Total's first gas station in Mexico City, Mexico January 25, 2018. REUTERS/Daniel Becerril

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak dunia bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Sepertinya pencairan keuntungan (profit taking) masih menjadi latar belakang koreksi harga si emas hitam.

Pada Jumat (17/9/2021) pukul 07:30 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 75,58/barel. Turun 0,12% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Sedangkan yang jenis light sweet harganya US$ 75,2/barel. Juga berkurang 0,12%.


crudeSumber: Refinitiv

Investor belum puas mengeruk cuan karena yang didapat memang bukan kaleng-kaleng. Dalam sepekan terakhir, harga brent dan light sweet melonjak masing-masing 3,89% dan 4,04% secara point-to-point meski pagi ini terkoreksi. Selama sebulan ke belakang, kenaikannya mencapai 10,82% dan 11,24%. Luar biasa...

Investor juga manusia, punya keluarga untuk dinafkahi. Nafkah itu didapat dengan memperdagangkan kontrak minyak, yang kebetulan harganya masih tinggi. Mumpung masih dapat cuan, lebih baik dilepas dulu dan keuntungannya bisa membuat asap dapur tetap mengepul.

"Dengan harga yang naik tajam pada musim panas lalu, kita tentu akan melihat profit taking. Akan tetapi, secara fundamental harga minyak tetap bisa melanjutkan reli," kata Craig Erlam, Senior Market Analyst di OANDA, seperti dikutip dari Reuters.

Halaman Selanjutnya --> Permintaan Minyak Bakal Naik Tahun Depan

Permintaan Minyak Bakal Naik Tahun Depan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading