Sedih! Kemfood Bekas Milik Bob Sadino Pangkas 117 Karyawan

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
14 September 2021 13:55
Bob Sadino, (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten pengolahan makanan dan minuman, PT Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD), mengumumkan bahwa anak usahanya PT Kemang Food Industries (KFI) atau Kemfood melakukan efisiensi aspek ketenagakerjaan dengan mengurangi 117 orang pekerja, termasuk merumahkan sekitar 16,9% pekerja dan mengurangi 16,6% pekerja kontrak.

Keputusan ini sejatinya tidak disetujui oleh seikat pekerja Kemfood, meskipun demikian pihak manajemen perusahaan mengatakan langkah dan kebijakan efisiensi di Kemfood ini adalah langkah yang tidak dapat dihindari.

Karin Larasati Putri, Corporate Secretary FOOD melalui keterangan yang terbit di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan bahwa keputusan ini diambil perusahaan karena kondisi pasar yang turun sangat drastis akibat pandemi.


Ia juga mengatakan jika perusahaan dan anak usaha telah melakukan efisiensi di semua bidang dan menekan pengeluaran biaya sejak pandemi Covid-19 terjadi di awal tahun.

"Penjualan dan produksi yang turun secara signifikan, hampir 50%, dan kondisi KFI yang telah mencoba bertahan lebih dari satu setengah tahun namun kondisi tak kunjung membaik, pada semester II tahun 2021 ini KFI dengan berat hati terpaksa melakukan pengurangan biaya dan efisiensi aspek ketenagakerjaan secara signifikan," tulis Karin yang dikutip CNBC Indonesia Selasa (14/9).

Pengurangan jumlah pekerja yang cukup signifikan ini dikatakan oleh perusahaan sebagai salah satu cara guna menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) massal dan menyelamatkan 292 orang karyawan lainnya yang merupakan mayoritas pekerja di KFI.

Karin juga menjelaskan pemilihan karyawan yang dirumahkan salah satunya didasari oleh kebutuhan sistem dan fungsi kerja di KFI.

"Sehingga walaupun terjadi pengurangan tenaga kerja, KFI tetap dapat beroperasi dengan baik dan mendukung kebutuhan para konsumen KFI," tutur Karin.

Karin juga menambahkan kebijakan yang diambil perseroan ini telah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dia mengatakan perusahaan percaya meski dengan jumlah karyawan terbatas, perusahaan dan anak usaha mampu melaksanakan kegiatan operasional sehari-hari.

Perusahaan juga mencatat dampak hukum yang mungkin timbul akibat kebijakan efisiensi tenaga kerja di KFI berupa potensi sengketa hubungan industrial dan serikat pekerja.

Karin juga menyampaikan bahwa perusahaan telah melakukan upaya mitigasi yakni dengan mengikuti semua ketentuan dan aturan yang berlaku. Selain itu perusahaan juga mengatakan telah melakukan pembicaraan dan membuka forum dialog yang dilakukan dengan dewan pengurus dan perwakilan serikat pekerja KFI.

"Kebijakan efisien tenaga kerja di KFI, walau diperkirakan masih akan memberikan dampak kerugian di buku KFI atau laporan keuangan konsolidasian perseroan hingga akhir tahun 2021 ini," katanya.

"Namun akan memberi dampak penghematan yang signifikan (lebih dari Rp 500 juta per bulan) sehingga dapat membantu memperbaiki kondisi keuangan perseroan dan KFI," terang Karin akan dampak kebijakan efisiensi terhadap penghematan perusahaan.

Situs resmi perusahaan mencatat pelanggan dari Sentra Food Indonesia termasuk minimarket hingga supermarket, beragam restoran ternama hingga hotel bintang lima.

Sentra Food didirikan pada 28 Juni 2004 dan fokus di bidang makanan dan minuman ini yang kemudian mengakuisisi Kemfood dan PT Sapbeverages Indonesia.

Kemfood adalah pelopor industri daging olahan di Indonesia. Perusahaan yang dirintis oleh almarhum Bambang Mustari Sadion (Bob Sadino, meninggal pada 19 Januari 2015) di awal tahun 1970 ini merupakan salah satu perusahaan daging olahan pertama di Indonesia.

Seiring dengan perkembangannya, pada 1978, Bob Sadino mendirikan pabrik dengan teknologi modern yang didirikan di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta. Pada 2008 Kemfood bergabung dan menjadi bagian dari PT Super Capital Indonesia yang merupakan induk dari Sentra Food Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading