Rukun Raharja Bidik Rp 286 M di Proyek Pipa Gas Blok Rokan

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 September 2021 20:47
Tim PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus melakukan pengeboran sumber minyak Blok Rokan, Riau dalam mencapai target 161 sumur baru periode Agustus hingga Desember 2021.

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten jasa hulu migas yang sahamnya dipegang suami politisi PDIP Puan Maharani, Hapsoro, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) menargetkan, proyek pipa gas di Blok Rokan akan memberikan andil pendapatan sebesar US$ 100 juta atau Rp 1,43 triliun.

Dengan kepemilikan 25% saham perseroan di koridor Balam-Bangko-Dumai dan koridor Minas-Duri-Dumai itu, maka proyek tersebut akan memberikan pendapatan sebesar US$ 20 juta setara Rp 286 miliar dengan asumsi kurs Rp 14.300 per US$ bagi perseroan.

Direktur Rukun Raharja Oka Lesmana mengatakan proyek di Blok Rokan saat ini sedang dalam tahap finalisasi dengan PT Pertamina Hilir Rokan (PHR). Saat ini, proyek pipa eksisting mampu mengalirkan sebesar 160 ribu barel per harinya.

"Kalau misalnya kita proyeksikan, kurang lebih total sepanjang pipa menghasilkan US$ 100 juta per tahun. Porsi Rukun Raharja punya 25%, setahun asumsi US$ 20 juta," kata Oka Lesmana, dalam paparan publik, Jumat (10/9/2021).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama RAJA, Djauhar Maulidi menargetkan, proses konstruksi dan perjanjian komersial akan selesai pada tahun ini. Sehingga, di awal tahun depan mulai beroperasi.


"Targetnya, di kuartal 1-2022 bisa clear," kata Djauhar.



Seperti diketahui, nilai investasi proyek kerja sama operasi tersebut mencapai US$ 300,62 juta atau setara Rp 4,20 triliun dengan asumsi kurs rata-rata Rp 14.000 per dolar AS.

Rukun Raharja berinvestasi sebesar 25% dari total pendanaan sebesar US$ 75,16 juta. Sedangkan Pertagas akan memberikan kontribusi pembiayaan sebesar 75% investasi atau sebesar US$ 225,47 juta.

Dengan adanya transaksi ini diharapkan akan meningkatkan laba perseroan di masa yang akan datang dan meningkatkan daya tarik investasi.

Beberapa pertimbangan dilakukannya KSO ini antara lain, perseroan dengan Pertagas, anak usaha dari PT Pertamina (Persero), memiliki kegiatan usaha sejenis yakni bergerak di bidang kegiatan usaha minyak dan gas bumi.

Selain itu, kerja sama ini sebagai upaya perseroan dan Pertagas dalam menghadapi pertumbuhan yang pesat dalam bidang pengangkutan minyak dan gas bumi melalui pipa. Diharapkan, pembangunan pipa di koridor tersebut akan mendukung pertumbuhan jangka panjang perseroan.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading