Kenalin Happy Hapsoro, Suami Puan yang Caplok Emiten FORU

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
23 March 2022 07:25
Layar pergerakan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (24/11/2020). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bertambah lagi emiten di pasar modal RI yang akan melakukan aksi korporasi. Corporate action tersebut berupa rencana akuisisi PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) oleh PT Energi Melayani Negeri (EMN).

Dalam pengumuman aksi korporasi yang sebelumnya diterbitkan di media massa, pemegang saham mayoritas FORU yakni PT Karya Citra Prima yang merupakan bagian dari Rajawali Group yang dinakhodai pengusaha nasional Peter Sondakh akan menjual semua kepemilikan sahamnya (89,25%) ke PT EMN.

PT EMN merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor energi terbarukan dengan salah satu portfolio bisnis di segmen panel surya. Sampai saat ini belum disebutkan apa tujuan dari pencaplokan emiten FORU oleh PT EMN.


Namun mengingat portofolio bisnis yang bergerak di sektor renewable energy, maka ada kemungkinan aksi akuisisi ini ditujukan untuk backdoor listing.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia melalui dokumen Administrasi Hukum Umum (AHU) kepemilikan PT Energi Melayani Negeri dikuasai 90% oleh PT Sumber Energi Negeri. Sedangkan 99,99% saham PT Sumber Energi Negeri dikuasai oleh PT Basis Utama Prima atau dikenal sebagai Basis Investment.

Masih melalui dokumen AHU, mayoritas kepemilikan Basis Investment diketahui dikuasai 99,99% oleh Hapsoro Sukmonohadi atau yang lebih dikenal sebagai Happy Hapsoro.

Happy Hapsoro juga merupakan suami dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yakni Puan Maharani yang merupakan anak dari Presiden Ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Meski jarang terdengar namanya, Happy Hapsoro sejatinya adalah seorang pebisnis. Ia merupakan putra dari pebisnis properti dan jasa forwarding kenamaan Bambang Sukmonohadi.

Di sektor properti, Happy Hapsoro memiliki perusahaan bernama PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT) yang bergerak sebagai operator hotel. Lewat PT Basis Utama Prima, Hapsoro diketahui memiliki 40% saham PSKT.

Selain properti, portfolio bisnis Happy Hapsoro juga ada yang di sektor migas. Happy Hapsoro diketahui menggenggam 32,74% saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) yang bergerak di segmen infrastruktur dan distribusi gas, pembangkit listrik dan upstream investment.

Selain perusahaan publik, perusahaan non-Tbk yang bergerak di sektor migas milik Happy Hapsoro adalah PT Odira Energy Persada.

Melansir Bloomberg, perusahaan memiliki spesialisasi dalam bisnis inti untuk memproduksi, memproses, mengangkut, dan memasarkan gas alam pembakaran bersih ke dalam industri dan pembangkit listrik.

Selain itu, PT Odira Energy Persada juga menyediakan layanan penginderaan jauh, eksplorasi geologi, analisis lingkungan, manajemen, dan administrasi di Indonesia. Di perusahaan ini Happy Hapsoro diketahui menjabat sebagai Presiden Komisaris.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tok! XL (EXCL) Caplok Saham Link Net (LINK) dari Grup Lippo


(RCI/RCI)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading