Modal Ventura Sampai Asuransi, BTN Bakal Bangun Gurita Bisnis

Market - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
09 September 2021 15:12
Wakil Direktur Utama BBTN Nixon Napitupulu

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN ) berencana melakukan sejumlah aksi korporasi sebagai strategi pertumbuhan anorganik di bisnis perumahan dengan melakukan penyertaan di bidang modal ventura, asuransi jiwa dan manajemen investasi.

Wakil Direktur Utama BBTN Nixon LP Napitupulu mengatakan yang paling awal akan dibentuk adalah perusahaan modal ventura yang diproyeksikan rampung tahun ini.

"Kami harus membentuk modal ventura dulu, dan sudah mengerucut ke salah satu modal ventura yang dimiliki cucu usaha Bahana (Indonesia Financial Group/IFG), dan sudah di ujung transaksi. Setelah nanti memiliki modal ventura, akan induk perusahaan sejenis apakah Asset Management Company, apakah tech payment atau properti.com. Selain teknologi digital properti kami akan masuk kerjasama kepemilikan EDC atau jalin ATM. Jadi modal ventura duluan," jelas Nixon, Kamis (9/9/2021).


Dia menyebutkan saat ini tengah dalam tahap negosiasi untuk proses akuisisi dan diharapkan bisa selesai secara cepat. Nixon memperkirakan nilai transaksinya di kisaran Rp 5-6 miliar.

"Kalau tidak ada operasional issue atau portofolio yang due diligence ketat saya rasa akan lebih cepat," tambahnya.

Modal ventura yang dimaksud oleh Nixon adalah PT Sarana Papua Ventura (SPV), anak usaha PT Bahana Artha Ventura, cucu usaha dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BTN Pada 2019 lalu telah menyetujui akuisisi ini.

Sementara untuk akuisisi asuransi jiwa, Nixon mengatakan masih dalam pembahasan. Namun dia mengisyaratkan bahwa akuisisi akan dilakukan dengan sesama BUMN. Dia mengungkapkan masih banyak yang harus dibahas terkait rencana bisnis, dan kemungkinan tidak dapat rampung di 2021.

"Saya pikir ini tidak akan terkejar tahun ini, mungkin tahun depan," ujar Nixon.

Saat ini BBTN juga tengah mengembangkan platform digital yang bisa memudahkan masyarakat membeli rumah dalam satu genggaman. Dengan begitu nantinya masyarakat bisa memilih rumah hingga mengajukan KPR melalui platform digital yang disiapkan BTN. Nixon mengatakan saat ini platform digital tersebut tengah dalam tahap penyempurnaan dari sisi teknis dan finansialnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Asyik! Karyawan BTN Dapet Insentif Saham Rp 275 M


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading