Siapkan Capex Rp 350 M, Mitra Keluarga Bangun 2 RS Baru

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 September 2021 18:45
RS Mitra Keluarga Depok, Tempat Pasien Positif Corona Pernah Periksakan Diri. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: RS Mitra Keluarga Depok, Tempat Pasien Positif Corona Pernah Periksakan Diri. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) menyatakan perseroan tengah membangun dua rumah sakit baru yang ditargetkan untuk bisa beroperasi pada tahun depan.

Untuk satu rumah sakit ini memakan dana senilai Rp 250 miliar-Rp 300 miliar dengan kapasitas sebanyak 200 tempat tidur untuk masing-masing rumah sakit.

CFO Mitra Keluarga Joyce V. Handajani mengatakan pembangunan ini dimulai pada Mei dan Juni tahun ini. Namun tak berhenti di sana, pembangunan dua rumah sakit lainnya juga akan dilakukan jelang akhir 2021.

"Walaupun ada Covid, kami masih melanjutkan sejumlah strategi. Tahun 2021 ini kami sudah mulai membangun 2 rumah sakit dan ini akan dilanjutkan dengan pembangunan rumah sakit di kuartal 4 atau akhir kuartal 3 2021," kata Joyce dalam Public Expose Live virtual, Senin (6/9/2021).

Terkait dengan total capex, Joyce mengatakan jika semua berjalan lancar maka capex akan tersalurkan semuanya tahun ini sebesar Rp 350 miliar, sementara hingga semester I-2021 baru terserap Rp 99 miliar.

Dia menjelaskan, perusahaan masih memiliki tiga hingga enam landbank yang masih belum dikembangkan. Direncanakan pemanfaatan landbank ini akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit pada 2023 hingga 2024 mendatang.

Saat ini pengembangan perusahaan masih berfokus di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya lantaran mempertimbangkan ketersediaan dokter yang masih bisa menjadi 3-4 kali lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata ketersediaan dokter di Indonesia.

Di samping membangun rumah sakit sendiri, perusahaan juga berpotensi untuk mengakuisisi dua rumah sakit. Namun tidak dijelaskan kapan rencana akuisisi ini akan dilakukan.

Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit yang ada saat ini.

Berdasarkan paparan MIKA, jaringan Mitra Keluarga saat ini mencapai 17 rumah sakit, sementara ditambah dengan Grup Kasih sebanyak 9 rumah sakit sehingga total 26 rumah sakit. Total kapasitas tempat tidur 3.885 unit dan total tempat tidur operasional 3.247 unit.

Pada perdagangan Selasa ini (7/9), saham MIKA ditutup naik 0,43% di Rp 2.360/saham dengan nilai transaksi saham Rp 49,07 miliar dan volume perdagangan 20,71 juta saham.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Crazy Rich Borong Saham Rumah Sakit, Ritel Kudu Ikutan?


(tas/tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading