Evergrande Terancam Bangkrut, China Putar Otak Cari Solusi

Market - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
22 September 2021 19:49
FILE PHOTO: FILE PHOTO: An exterior view of China Evergrande Centre in Hong Kong, China March 26, 2018. REUTERS/Bobby Yip/File Photo/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China dilaporkan sedang merancang sebuah cara untuk membantu raksasa properti negara itu, China Evergrande, untuk dapat menyelesaikan permasalahan keuangannya.

Mengutip Asia Markets, Rabu (22/9/2021), seorang sumber menyebut bahwa Partai Komunis China sedang mendiskusikan sebuah cara untuk memecah perusahaan yang berutang Rp 4 ribu triliun itu menjadi tiga entitas terpisah. Hal ini disebut akan memuluskan Evergrande menjadi perusahaan BUMN.


"Kesepakatan itu dirancang untuk melindungi warga negara China yang telah membeli apartemen dari Evergrande, seperti yang Anda lihat memprotes di jalanan dan juga mereka yang telah berinvestasi dalam produk manajemen kekayaan Evergrande," kata sumber tersebut.

"Tetapi hal besar adalah membendung dampak aliran ekonomi yang meluas yang akan menyebabkan kebangkrutan pada ekonomi China."

Kasus Evergrande sendiri saat ini memang menjadi sorotan Pemerintahan Presiden Xi Jinping. Li Daokui, mantan penasihat Bank Rakyat China, menyebut bahwa kejatuhan raksasa ini akan menghambat pertumbuhan ekonomi China melalui efek domino yang cukup hebat.

"Dampaknya pada ekonomi riil karena dengan default Evergrande, akan ada perlambatan dalam pengembangan banyak proyek," kata figur yang saat ini menjadi profesor di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Tsinghua itu.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa akan ada dampak yang bakal dirasakan oleh para investor dalam menganalisis nilai asetnya. Pasalnya kejatuhan ini juga mengganggu harga properti di Negeri Panda.

"Saya pikir agak terlalu dini untuk memprediksi apa dampak bersih [dari krisis]. Saya akan mengatakan sekarang, dengan perhitungan kasar saya, satu basis poin pada pertumbuhan PDB ... jika semuanya terkendali mulai sekarang," tambahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading