Bukan Cuma MBSS! Emiten Kapal Ini Juga Ganti Owner & Kena ARA

Market - Putra, CNBC Indonesia
27 August 2021 17:15
Dok Rig Tenders

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen emiten perkapalan PT Rig Tenders Tbk (RIGS) mengumumkan siap berganti kepemilikan pengendali secara langsung dan tak langsung.

Dalam keterbukaan informasi yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen mengumumkan bahwa Scomi Marine Services Pte. Ltd. sebagai salah satu pemegang saham perseroan, bermaksud untuk mengalihkan seluruh kepemilikan sahamnya sebanyak 490.597.000 saham yang mewakili 80,54% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Sang penerima pengalihan ini yakni PT Surya Indah Muara Pantai, perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia.


Usulan pengambilalihan/rencana negosiasi pengambilalihan ini dituangkan dalam Conditional/Share Purchase Agreement (CSPA) yang telah ditandatangani oleh kedua perusahaan pada 26 Agustus 2021.

Penyelesaian usulan atau rencana pengambilalihan akan dilaksanakan sesuai dengan seluruh ketentuan-ketentuan dan syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam CSPA, anggaran dasar perseroan, dan peraturan pasar modal yang berlaku.

Menurut keterbukaan tersebut, dampak dari transaksi pengambilalihan ini adalah berubahnya status pemegang saham pengendali perseroan yang sebelumnya SMS menjadi PT SIMP setelah diselesaikannya rencana transaksi pengambilalihan tersebut.

Dengan berubahnya status hukum perseroan dari Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) menjadi Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), perseroan dapat mengembangkan aktivitas bisnis perseroan yang sebelumnya terhambat dengan adanya asas Cabotage Law.

Asas cabotage adalah ketentuan yang mewajibkan kapal di perairan Indonesia harus berbendera Indonesia.

Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja operasional dan keuangan perseroan dan dapat meningkatkan profitabilitas perseroan.

Tercatat per 31 Juli 2021. 80,54% saham RIGS dikuasai oleh Scomi Marine Services dan 19,46% sisanya dipegang oleh investor publik.

Merespons penggantian pengendali ini saham RIGS berhasil terbang ke level ARA (Auto Reject Atas, kenaikan maksimal 25% dalam sehari) ke level harga Rp 264/unit. Meskipun demikian transaksi tergolong sepi di angka Rp 1,24 miliar dengan kapitalisasi pasar Rp 160 miliar.

Dalam sebulan terakhir saham RIGS naik 29%, dan 3 bulan terakhir sahamnya naik 25% dengan catatan asing masuk Rp 37 juta dalam 3 bulan terakhir.

Selain RIGS, sebelumnya PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) juga berganti kepemilikan setelah para pemegang saham mayoritas melepas saham emiten logistik perkapalan ini. 

Investor yang melepas saham MBSS yakni Lo Kheng Hong, PT Indika Energy Tbk (INDY), dan The China Navigation Co. Pte. Ltd. (CNCo).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading