Siap-siap! Akhir Tahun Ini Gerai Waralaba Subway Buka di RI

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
24 August 2021 11:20
subway

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski perekonomian masih belum sepenuhnya lepas dari situasi pandemi, salah satu rantai gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat kembali masuk ke Indonesia.

Restoran cepat saji tersebut adalah Subway, waralaba yang menjual roti lapis atau sandwich yang melakukan kerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel makanan dan minuman (F&B) di Indonesia, PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA) dan tergabung dalam Grup MAP.

Perjanjian tersebut menandai rencana agresif Subway untuk melakukan ekspansi internasional.


"Kemitraan ini akan menghadirkan beberapa restoran pertama Subway di Indonesia pada kuartal keempat 2021 yang pembukaannya berawal di wilayah Jabodetabek," tulis Avolina Raharjanti, General Manager, Corporate PR and Communications PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MAPB), melalui keterangan resmi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (24/8).

Dalam keterangan yang sama CEO Subway John Chidsey mengatakan permintaan kehadiran restoran Subway yang tinggi datang dari berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

"MAP, peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, merupakan mitra ideal untuk memulai ekspansi kami di wilayah Asia Pasifik. Kami yakin para pelanggan di Indonesia sangat menginginkan opsi yang lebih baik. Hal ini merupakan langkah awal dari rencana ekspansi global kami," katanya.

Kerja sama yang dilakukan ini memperluas portofolio bisnis MAPB yang juga mengoperasikan merek ternama seperti Starbucks, Pizza Marzano dan Krispy Kreme.

Selain itu, Indonesia secara global akan menjadi negara pertama yang menerapkan model waralaba negara (country franchise model) eksklusif Subway.

Manajemen MAPB menambahkan bahwa berdasarkan model ini, MAPB akan menjadi ujung tombak dan perusahaan tunggal bagi pengembangan Subway di Indonesia, dengan harapan mampu membangun pertumbuhan tahunan restoran yang kuat dan stabil.

Group CEO dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), Virendra Prakash Sharma mengatakan masuknya Subway merupakan pilihan yang tepat.

"Map Boga Adiperkasa menyadari peran penting dari ritel F&B dan selalu bermitra dengan merek-merek terbaik di kelasnya. Dengan demikian, bagi kami, Subway merupakan pilihan yang tepat," ungkap Virendra.

Ekspansi di Indonesia menandai langkah awal dalam rencana berkelanjutan Subway untuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik, jaringan ini telah beroperasi di Korea, Jepang dan Singapura.

Kehadiran kali ini bukanlah merupakan yang pertama kali, Subway sudah pernah hadir di Indonesia tepatnya di Plaza Senayan dan berbagai tempat pada akhir tahun 1990-an.

Namun saat itu peminatnya tidak banyak sehingga manajemen Subway memilih untuk menutup gerai di Indonesia.

Sebelumnya Subway, jaringan restoran cepat saji lain yang menyediakan makanan khas Meksiko, Taco Bell, juga baru saja membuka gerai di Indonesia.

Melalui kerja sama dengan PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) yang juga mengelola merek dagang KFC, taco Bell resmi beroperasi akhir tahun 2020 lalu.

Pada perdagangan sesi I Selasa (24/8) pukul 10.10 WIB di pasar modal, saham MAPB naik 3,55% ke level Rp 1.460 per saham dengan kapitalisasi pasar Rp 3,17 triliun. Dalam sepekan saham ini naik 0,69%, selama sebulan terakhir harganya meningkat 14,06% dan sejak awal tahun tumbuh 7,75%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ritel Babak Belur! Ini Nasib Ramayana-Matahari-Sogo dkk di Q1


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading