Melemah Lagi, Rupiah Masih Bertahan di Bawah Rp 14.400/US$

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
13 August 2021 15:07
Ilustrasi Rupiah dan dolar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah akhirnya melemah lagi melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (13/8/2021), tetapi masih mampu bertahan di bawah Rp 14.400/US$. Artinya, pelemahan rupiah tipis-tipis saja. Pelaku pasar masih menunggu kepastian kapan tapering akan diumumkan oleh bank sentral AS (The Fed).

Melansir data Refintiv, rupiah membuka perdagangan dengan menguat 0,03% ke Rp 14.375/US$. Setelahnya sempat menguat 0,16% ke Rp 14.357/US$, sebelum berbalik melemah hingga 0,07% ke Rp 14.490/US$.

Di akhir perdagangan rupiah berhasil memangkas pelemahan menjadi 0,03% ke Rp 14.385/US$. Rupiah kemarin berakhir stagnan, tetapi sukses menghentikan pelemahan 4 hari beruntun, sehingga dalam 6 hari perdagangan terakhir rupiah tidak pernah menguat. 


Meski melemah, tetapi ada kabar bagus bagi rupiah. Sentimen pelaku pasar kini mulai membaik lagi, tercermin dari survei 2 mingguan yang dilakukan Reuters.

dimana posisi jual (short) yang semakin rendah. Dari 9 mata uang yang disurvei, rupiah menjadi yang terbaik kedua.

idr

Survei tersebut menggunakan skala -3 sampai 3, angka negatif berarti pelaku pasar mengambil posisi beli (long) mata uang Asia dan jual (short) dolar AS. Semakin mendekati -3 artinya posisi long yang diambil semakin besar.

Sementara angka positif berarti short mata uang Asia dan long dolar AS, dan semakin mendekati angka 3, semakin besar posisi short mata uang Asia.

Survei terbaru yang dirilis Kamis (12/7/2021) menunjukkan angka untuk rupiah di 0,20, membaik dibandingkan 2 pekan lalu 0,27.

Dari 9 mata uang, hanya dolar Taiwan yang posisinya sudah berbalik, dari short menjadi long. Data terbaru menunjukkan angka -0,09, jauh lebih baik dari sebelumnya 0,36. Rupiah berada di urutan kedua terbaik, sementara mata uang lainnya posisi short-nya masih cukup besar, bahkan ada yang mengalami peningkatan.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Tapering Bisa Diumumkan Bulan Depan

Tapering Bisa Diumumkan Bulan Depan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading