Langkah Pasti Telkom Bertransformasi Jadi Digital Telco

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 July 2021 14:20
FILE PHOTO: The logo of PT Telekomunikasi Indonesia is seen at the PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) branch office in Jakarta, Indonesia, June 16, 2016. Picture taken June 16, 2016. REUTERS/Beawiharta/File Photo                      GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD         SEARCH GLOBAL BUSINESS FOR ALL IMAGES?

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus beradaptasi dan melakukan transformasi model usaha seiring perkembangan zaman yang terjadi. Penyesuaian model bisnis dilakukan agar emiten berkode TLKM ini bisa mewujudkan visi menjadi perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) terbesar di Indonesia, bahkan dunia.

Sejak awal berdiri pada 6 Juli 1965, Telkom telah digadang menjadi perusahaan negara yang fokus bergerak di sektor telekomunikasi. Sepanjang 56 tahun berkiprah sebagai perusahaan telekomunikasi, sudah banyak hal yang dilakukan Telkom untuk kemajuan bangsa dan negara.

Telkom tak pernah berhenti berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sejak era telekomunikasi konvensional hingga digital seperti sekarang. Berkat sifat adaptif yang dimilikinya, Telkom mampu terus bertahan menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia hingga kini.


Di era baru kehidupan akibat revolusi industri 4.0 kini, Telkom percaya bahwa digitalisasi menjadi kunci untuk membawa Indonesia menjadi negara maju dan terdepan. Lompatan atau leapfrog akan bisa dilakukan Indonesia apabila mengandalkan digitalisasi sebagai alatnya. Karena itu, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi telah menegaskan komitmen untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital telco sejak 2020.

Sebagai perusahaan digital telco, Telkom fokus menjalankan perannya pada tiga domain bisnis digital yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services. Operasional dan bisnis perusahaan kini fokus ditujukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan sesuai kebutuhan mereka yang kerap berubah (customer oriented).

Pada domain digital connectivity, sejumlah layanan dan produk dimiliki Telkom untuk melayani kebutuhan pelanggan segmen konsumer dan korporasi seperti Fiber to the x (FTTx), jaringan 4G, 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV), Satelit, dan penyediaan beragam infrastruktur komunikasi. Konektivitas digital kini bisa dirasakan dan diakses masyarakat melalui produk-produk perusahaan seperti IndiHome, layanan mobile data Telkomsel, WiFi ID, Telkomsel Orbit, dan lain-lain.

Kemudian, Telkom memiliki produk dan layanan Data Center, komputasi awan (cloud), Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity, Payment/Blockchain pada domain digital platform. Telkom juga menyediakan banyak smart platform yang berfungsi sebagai enabler layanan dan solusi ICT untuk masyarakat.

Pada domain digital services, Telkom memiliki langkah untuk mengembangkan layanan bagi pelaku dunia usaha dan masyarakat melalui akuisisi serta kemitraan aktif dengan berbagai pihak. Telkom juga rutin menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan rintisan (startup) digital champion untuk memperoleh synergy value yang berdampak positif terhadap bisnis perusahaan. Pengembangan enterprise digital services serta consumer digital services dilakukan secara sinergi dengan upaya Telkom mengembangkan ranah digital connectivity dan digital platform.

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, Telkom saat ini memiliki dan mengelola jaringan fiber optic sepanjang 167.935 km. Jaringan yang panjangnya setara 4 kali keliling bumi ini terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan menjadi tulang punggung hadirnya berbagai produk serta layanan telekomunikasi bagi masyarakat. Jaringan luas ini membuat Telkom sekarang sudah mampu melayani kebutuhan telekomunikasi digital masyarakat di 496 kabupaten/kota di Indonesia.

Selain melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia, jaringan dan infrastruktur Telkom juga hadir untuk memenuhi permintaan pasar internasional. Layanan Telkom bagi masyarakat Indonesia dan dunia diperkuat dengan keberadaan 35.822 lebih tower milik perusahaan di berbagai daerah, operasional 234 ribu lebih Base Transceiver Station (BTS) 4G, serta keberadaan 26 data center di dalam dan luar negeri.

Kontribusi Telkom untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia akan terus dilanjutkan melalui berbagai inovasi dan pengembangan. Seluruh program dan layanan digital yang dihadirkan Telkom bertujuan akhir menghadirkan peningkatan kualitas hidup bagi seluruh lapisan masyarakat.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading