Jual Jalan Tol ke Astra, Saham Jasa Marga Bergerak 'Liar'

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
29 June 2021 10:31
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saham emiten pengelola jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), bergerak di zona pada pembukaan perdagangan Selasa (29/6) di pasar modal menyusul penjualan sebagian kepemilikan saham di PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) kepada anak usaha PT Astra International Tbk (ASII).

Pada pukul 10.03 WIB tercatat saham Jasa Marga telah naik hingga 3,94% ke level Rp 3.460/saham meskipun kinerja keuangan kuartal pertama 2021 yang baru dirilis mengalami penurunan laba bersih.

Sejak 23 Juni lalu hingga penutupan perdagangan kemarin (28/6), dalam empat hari beruntun saham emiten pengelola jalan tol ini selalu ditutup memerah. Dalam sepekan saham Jasa Marga mengalami penurunan sebesar 12,41%, dalam sebulan saham ini juga turun 20,64% dan sejak awal tahun telah melemah hingga 25,27%.


Sebelumnya Jasa Marga juga baru melaporkan kinerja keuangan kuartal pertama 2021, yang mana perusahaan mencatatkan penurunan signifikan atas laba bersih menjadi Rp 161,83 miliar, ambles 72% dari periode yang sama tahun sebelumnya dengan laba bersih mencapai Rp 587,92 miliar.

Sementara itu, saham PT Astra International Tbk (ASII), induk dari perusahaan yang mengambil alih 14% saham MLJ juga mengalami kenaikan 2,55% pada perdagangan pagi ini ke level Rp 4.830/saham.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) baru saja mengalihkan 14% kepemilikan saham mereka di PT Marga Lingkar Jakarta kepada anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak di bidang infrastruktur, ASTRA Infra, melalui PT Jakarta Marga Jaya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading