Dapat Rp 377 M dari Terregra, WSKT Bangun PLTM Batang Toru

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
14 June 2021 08:57
waskita

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan karya BUMN, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Batang Toru 3 berkapasitas 2x5 megawatt (MW). Pembangkit listrik ini berlokasi di Sungai Batang Toru, Pahaejulu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Kontrak pembangunan PLTM ini diperoleh perusahaan dari PT Terregra Asia Energy Tbk (TGRA) melalui anak usahanya, PT Berkah Alam Lestari Energi. Kontrak ini ditandatangani pada 28 Mei 2021 lalu.

Direktur Operasi III Waskita Karya Gunadi mengatakan penyelesaian proyek ini diharapkan bisa rampung tepat waktu sesuai dengan kontrak yang ditandatangani kedua perusahaan.


"Bersyukur, kembali Terregra bisa memberikan kepercayaan kepada Waskita untuk membangun PLTM Batang Toru 3 2x5 MW ini. Semoga pembangunannya lancar dan hasilnya diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat luas khususnya di daerah Tapanuli Utara. Saya berharap juga agar ke depan banyak proyek-proyek yang akan diberikan oleh Terregra kepada Waskita," kata dia, dalam siaran persnya, dikutip Senin (14/6/2021).

Lebih lanjut, SVP EPC Division Waskita, Wisnu Wijayanto menjelaskan bahwa kontrak tersebut bernilai sebesar Rp 377 miliar dengan kapasitas pembangkit yang akan dibangun total 10 MW.

"Luas areanya sendiri sekitar 1145.43 kilometer persegi. Pembangkit Listrik Minihidro Batang Toru 3 2x5 MW, merupakan salah satu bentuk program kerja sama antara PLN dan Terregra Asia Energy, untuk EBT [Energi Terbarukan]," terangnya.

PLTM ini akan digunakan untuk menggerakkan sebuah turbin yang akan menghasilkan energi listrik dan dapat mengakomodir kebutuhan listrik untuk masyarakat sekitar Sumatera Utara.

Sebelumnya, Waskita juga pernah menandatangani master agreement dengan TGRA untuk proyek senilai Rp 12,5 triliun.

Proyek tersebut terdiri dari, 5 PLTM di Provinsi Sumatera Utara dan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading