Pertamina Gelar RUPS Hari Ini, Erick Ganti Komisaris-Direksi?

Market - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 June 2021 06:46
Bergabung bersama para Perwira Pertamina di Kilang Balongan Indramayu, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beserta jajaran komisaris lainnya meninjau langsung, memastikan kilang berada di kondisi aman dan lokasi insiden tangki berada cukup jauh dari kilang. (Dok. Pertamina)

Jakarta, CNBC Indonesia - Holding BUMN Migas PT Pertamina (Persero) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin ini (14/6/2021).

Situs resmi Pertamina mencatat, ada tiga RUPS yang biasa digelar induk usaha PT PGN Tbk (PGAS), PT Elnusa Tbk (ELSA), dan PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) ini.

Pertama, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan diadakan paling lambat 30 hari setelah tahun anggaran berjalan.


Kedua, RUPST untuk menyetujui Laporan Tahunan diadakan paling lambat dalam Juni setiap tahun, setelah penutupan tahun buku yang bersangkutan.

Ketiga, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yaitu RUPS yang diadakan sewaktu-waktu berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan perseroan akan menggelar RUPS pada Senin ini kendati tidak menyebutkan spesifik agendanya.

Hal itu dikatakan Basuki atau yang biasa disapa Ahok ini ketika diminta konfirmasi berkaitan dengan penanganan kebakaran Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Kebakaran di area Kilang Pertamina Cilacap terjadi pada Jumat lalu (11/5/2021) pukul 19.45 WIB.

Kilang itu dioperasikan Subholding Refinery & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), anak usaha Pertamina.

Ahok mengatakan setelah RUPS Senin ini, Komite Audit akan menuju Cilacap untuk mencari fakta atas kebakaran kilang tersebut.

"Senin setelah RUPS [rapat umum pemegang saham] Dekom [dewan komisaris] dan komite audit akan ke sana cari fakta," kata Ahok kepada CNBC Indonesia, Sabtu (12/6/2021).

Namun Ahok tidak menyebutkan agenda pastinya. Ketika ditanya CNBC Indonesia apakah salah satu agendanya, selain persetujuan laporan keuangan, termasuk pergantian pengurus perusahaan (komisaris dan direksi), Ahok mengatakan ada informasi pergantian komisaris.

"Mungkin penggantian komisaris," kata mantan Plt Gubernur DKI Jakarta ini.

"Tidak tahu [apakah direksi juga diganti]. Harus [tanya] ke menteri," kata Ahok lagi.

Sejumlah kabar pasar menyebutkan gelaran RUPS sebetulnya dilaksanakan pada pekan lalu, tetapi terbentur agenda Menteri BUMN Erick Thohir yang masih di luar negeri.

Pada 5 Juni lalu, Erick memang tengah menghadiri pertemuan tingkat tinggi dengan pemerintah China bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia dipimpin Luhut dan didampingi Erick Thohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono.

Pertemuan saat itu membahas sejumlah agenda kerja sama penting kedua negara di antaranya terkait proyek kerja sama prioritas, perdagangan, ekonomi, dan investasi.

Bisik-bisik pasar juga berembus bahwa ada pergantian pucuk direksi Pertamina, kendati hingga kini Kementerian BUMN belum mau buka suara. "Harusnya minggu lalu kalau gak salah, tapi Pak Menteri Erick masih di China dan dirut juga keluar kota, kemungkinan rapat jam 10 di Kementerian BUMN," kata sumber pasar tersebut.

Pertamina terakhir kali menggelar RUPS pada 3 Mei 2021. Saat itu Dedi Sunardi ditetapkan sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Sebelumnya Dedi Sunardi menjabat sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Dengan demikian, susunan pengurus Pertamina, usai RUPS 3 Mei tersebut yakni:

Komisaris

Komisaris Utama : Basuki Tjahaja Purnama

Wakil Komisaris Utama: Pahala Nugraha Mansury

Komisaris: Ego Syahrial

Komisaris: Condro Kirono

Komisaris: Alexander Lay

Komisaris: David Bingei

Direksi

Direktur Utama: Nicke Widyawati

Direktur Penunjang Bisnis: Dedi Sunardi

Direktur Keuangan: Emma Sri Martini

Direktur SDM: M Erry Sugiharto

Direktur Logistik & Infrastruktur: Mulyono

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha: Iman Rachman

Usai RUPS pada 3 Mei lalu, Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan bahwa sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, RUPS telah menetapkan susunan direksi baru Pertamina.

Dalam RUPS tersebut, pemegang saham juga memberhentikan dengan hormat M. Haryo Yunianto dari jabatan Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, posisi yang dijabatnya sejak 12 Juni 2020 dan sebelumnya 20 April 2018 menjabat sebagai Direktur Manajemen Aset Pertamina.

Pada Februar 2021i, Pertamina juga menggelar RUPS dan melakukan perubahan susunan Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina.

Menteri BUMN Erick Thohir menetapkan Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Komisaris Utama Pertamina, berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku RUPS Pertamina No.SK-38/MBU/02/2021 tanggal 3 Februari 2021.

Erick juga mengukuhkan M. Erry Sugiharto sebagai Direktur SDM Pertamina menggantikan Koeshartanto, berdasarkan Surat Keputusan Menteri BBUMN Nomor SK-42/MBU/02/2021, tanggal 5 Februari 2021.

Koeshartanto, akrab disapa Koes, menjabat Direktur SDM Pertamina sejak 2018. Sebelumnya Koes merupakan Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga Tbk (JSMR).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading