Harga Sempat All Time High, Tenaga Habis Saham AMRT Tumbang

Market - Putra, CNBC Indonesia
11 June 2021 09:59
Doc.Alfamart

Jakarta, CNBC Indonesia- Emiten peritel, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) terpaksa tumbang pada perdagangan hari ini setelah naik selama berberapa hari terakhir seiring dengan rencana perseroan untuk menambah modalnya melalui mekanisme rights issue  untuk berekspansi ke sektor digital.

Harga saham AMRT kemarin ditutup pada level Rp 1.230/unit, yang merupakan level harga tertinggi sejak tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Manajemen Alfamart baru saja meminta restu pemegang saham untuk menambah modal melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 5 miliar saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada Kamis (6/5/2021).


Nilai nominal rights issue tersebut sebesar Rp 10 per saham. Rights issue dilakukan untuk memperkuat kondisi keuangan perseroan sehubungan dengan rencana untuk mengembangkan kegiatan usaha di masa yang akan datang.

"Perseroan berencana untuk menggunakan dana yang diperoleh dari Penambahan Modal dengan HMETD untuk melakukan investasi pada perusahaan lain / penyertaan saham pada perusahaan yang bergerak di bidang berbasis teknologi yang dapat bersinergi secara strategis dengan perseroan," ungkap manajemen Alfamart.

Tercatat AMRT tumbang 3,66% pada perdagangan hari ini ke level harga Rp 1.185/unit dimana nilai transaksi tergolong cukup besar di angka Rp 74 miliar dengan kapitalisasi pasar Rp 49 triliun.

Meskipun demikian dalam sepekan terakhir AMRT masih melesat 30,77% karena sebelumya sudah melesat 3 hari beruntun.

Investor asing juga memanfaatkan euforia aksi korporasi dengan melakukan aksi jual tercatat selama sepekan terakhir asing sudah melego AMRT sebanyak Rp 373 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading