Bank Mini Ngacir, Gegara Warren Buffett Borong Bank Digital?

Market - Putra, CNBC Indonesia
10 June 2021 10:12
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia Harga saham bank-bank mini alias bank BUKU II (bank dengan modal inti Rp 2 triliun- Rp 5 triliun)kembali bergerak liar pada perdagangan hari ini, Senin (7/6/2020).

Menguatnya saham-saham tersebut didorong oleh Warren Buffett yang dikabarkan berinvestasi di bank digital asal Brazil Nubank. Sebelumnya banyak investor berspekulasi bahwa saham-saham bank mini ini akan dicaplok oleh investor strategis dan ditransformasikan menjadi bank digital.

Berikut gerak saham bank mini pada perdagangan hari ini.


Kenaikan bank mini hari ini dipimpin oleh PT Bank IBK Indonesia Tbk (AGRS) yang melesat 13,92% ke level harga Rp 442/unit. Selanjutnya di posisi kedua ada bank mini yang siap ditransformasikan menjadi bank digital oleh pengusaha Chairul Tanjung PT Bank Allo Indonesia Tbk (BBHI) yang terbang 8,71% ke level harga Rp 1.685/unit.

Di posisi ketiga dan keempat ada PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) dan PT Bank Oke Indonesia Tbk (DNAR) yang terbang masing-masing 8,19% dan 4,51%. Tercatat di posisi kelima ada PT Bank Capital Tbk (BACA) yang maik 3,05%.

Sedangkan koreksi hanya dibukukan oleh PT Bank Bisnis Internasional Tbk (BBSI) yang terkoreksi tipis 0,34%.

Sebelumnya Warren Buffett disebut ikut masuk berinvestasi di bank digital. Tak tanggung-tanggung, Buffett menanamkan investasi US$ 500 juta atau RP 7 triliun lebih ke salah satu bank digital di Brasil.

Dilansir dari CNBC International, Rabu (9/6/2021), bank di Brasil tersebut adalah Nubank, yang berdiri pada 2013. Buffett masuk ke Nubank lewat perusahaan investasinya yaitu Berkshire Hathaway.

Menurut data CNBC, bank tersebut telah memiliki 40 juta nasabah. Buffett memang telah banyak melakukan investasi ke perusahaan di sektor keuangan. Perusahaan keuangan yang jadi incaran Buffett biasanya yang bersifat tradisional.

Namun belakangan, Buffett disebut telah menjual hampir seluruh sahamnya di Wells Fargo, bank asal Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya dilansir dari Forbes, Buffett lewat Bershire juga telah melakukan investasi US$ 400 juta atau lebih dari Rp 5,6 triliun ke perusahaan fintech Brasil bernama StoneCo.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Dicaplok? Saham Bank Mini Terbang, Bank Raksasa Tumbang


(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading