BI: Bunga KPR Sudah Turun ke 7%, Properti Bangkit di 2021

Market - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
07 June 2021 11:25
Juda Agng

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melihat sektor properti bakal tumbuh lebih baik di 2021 dibandingkan pada tahun sebelumnya. Suku bunga kredit perumahan atau KPR juga sudah single digit, di mana menjadi salah satu trigger untuk menciptakan demand atau permintaan di sektor properti.

Asisten Gubernur Bank Indonesia yang juga Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial, Juda Agung mengungkapkan sektor properti sudah melewati masa 'terburuknya'.

"Jika lihat datanya, memang bottom-nya sudah terjadi di triwulan I-2020 lalu dan menanjak atau meningkat di tahun 2021 ini. Cukup positif dan signifikan dan saya kira ini momentum perbaikan," kata Juda dalam acara CNBC Indonesia Property Week, Senin (7/6/2021).

Menurut Juda, permintaan dari sisi konsumen sudah mulai terlihat juga baik di properti primer maupun sekunder. Hal ini sejalan dengan kebijakan makroprudensial BI yang cukup akomodatif untuk mendukung perekonomian.

Juda juga melihat, suku bunga kredit membaik. Hal ini dibuktikan dari bunga KPR yang sudah single digit.

"Tahun lalu 10-11 persen suku bunga KPR. Sekarang sudah di 7-8% mengikuti suku bunga acuan BI yang ada di 3,5%. Ini menjadi momentum yang baik untuk pemulihan ekonomi," papar Juda.

NOTE : Menyambut tahun pemulihan ini, media ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia mengadakan CNBC Property Week yang akan mengupas tuntas tentang industri properti tanah air.

Mengusung tema 'Optimisme Sektor Properti Pascapandemi', setiap pembahasan dan diskusi dengan tema menarik setiap harinya bisa disaksikan pada Program Profit pada 7-13 Juni 2021.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading