Sayonara Giant! Sejak 2017 HERO Sudah PHK 6.000-an Karyawan

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 May 2021 10:40
Ilustrasi Giant  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memutuskan untuk menutup seluruh gerai supermarket Giant pada akhir Juli 2021 nanti. Keputusan ini diambil perusahaan untuk memperbaiki kondisi operasional dan keuangan sehingga diharapkan akan memastikan kelangsungan usahanya.

Direktur Hero Supermarket Hardianus Wahyu Trikusumo mengatakan langkah ini diambil oleh perusahaan untuk merespon dan beradaptasi dengan dinamika pasar. Pasalnya perusahaan menilai pola berbelanja konsumen telah berubah dari format hypermarket ke mini market.

"Rencana ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan. Perubahan strategi ini merupakan respons cepat dan tepat perseroan," kata Hardianus dalam keterbukaan informasi di BEI.


Penutupan gerai bukan hanya satu-satunya langkah yang telah dilakukan perusahaan sejak beberapa tahun terakhir. Berdasarkan laporan keuangannya, sejak akhir periode Desember 2017 hingga 31 Maret 2021 perusahaan telah mengurangi jumlah karyawan hingga 6.667 orang.

Pengurangan jumlah karyawan ini tampaknya telah rutin dilakukan perusahaan. Menurut laporan keuangannya dia akhir 2018, pada 31 Desember tahun itu jumlah karyawan sebanyak 13.734 orang, jumlah ini telah turun dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebanyak 14.642 orang.

Kemudian pada tahun berikutnya di 2019 jumlah karyawannya turun lebih banyak menjadi 9,917 orang karyawan.

Sepanjang 2020, tidak terjadi pengurangan karyawan namun dalam periode tiga bulan di awal tahun ini jumlah yang dikurangi mencapai 1.942 orang.

Pengurangan jumlah karyawan ini membuat perusahaan mengalami penurunan biaya. Di mana pada akhir 2017 biaya yang dikeluarkan perusahaan mencapai Rp 1,34 miliar, sedangkan pada akhir Desember 2020 biaya karyawan ini hanya Rp 1,16 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading