Internasional

Jual Rugi Kripto Malah Untung di AS, Kok Bisa?

Market - Tirta, CNBC Indonesia
26 May 2021 08:50
Ilustrasi/ Cryptocurrency / Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanpa disadari dengan jatuhnya harga aset digital cryptocurrency seperti Bitcoin cs memberikan keuntungan bagi investornya lho. Kok bisa?

Jangan kaget ya karena memang demikian adanya. Kerugian dari penjualan aset kripto ini akan membuat investor menjadi terbebas dari pajak capital gain di Amerika Serikat (AS). 


Jika seorang investor membeli Bitcoin pertengahan April lalu, maka niscaya dia akan mendapatkan harga satu keping token digital ini di pucuk. Bitcoin menyentuh harga tertingginya di US$ 65.000.

Namun sebulan kemudian cryptocurrency buatan Satoshi Nakamoto ini harganya anjlok tajam. Nilai kapitalisasi pasarnya turun menjadi setengah dan kini berada di kisaran US$ 38.000.

Bitcoin bahkan sempat ambrol mendekati US$ 30.000 minggu ini. Investor yang membelinya di pucuk dan menjualnya di kisaran harga terendah minggu ini pastilah mengalami kerugian sampai 50%. 

Meskipun rugi tetapi secara pajak bisa dibilang menguntungkan. Hal ini dikarenakan Bitcoin tidak kena aturan Wash Sales seperti halnya saham atau reksadana.

Mengacu pada penjelasan Securities Exchange Commission (SEC), seorang investor terkena Wash Sales ketika menjual rugi aset keuangan dan dalam 30 hari sebelum atau sesudah penjualan tersebut seseorang membeli aset serupa.

Aturan ini tak mengikat aset seperti Bitcoin karena aset cryptocurrency tak dianggap sebagai bentuk surat berharga. Malahan cryptocurrency dianggap layaknya properti.

Artinya jika seseorang menjual rugi Bitcoin dan dalam kurun waktu 30 hari mereka membeli kembali di harga rendah untuk memanfaatkan momentum rebound sah-sah saja dan tak akan terkena hukuman karena memang tak melanggar aturan. 

Menurut Ivory Johnson, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Delancey Wealth Management di Washington ini merupakan celah terhadap aturan pajak.

"Ini memungkinkan Anda sepenuhnya memanipulasi [crypto] pada sisi negatifnya dan menggunakannya untuk menciptakan [keuntungan] pajak," kata Leon LaBrecque, CFP dan akuntan di Sequoia Financial Group di Troy, Michigan.

Meskipun manfaat pajak ini berlaku untuk mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin, manfaat pajak ini tidak berlaku untuk investor yang membeli surat berharga atau sekuritas yang terkait kripto.

"Anda tidak bisa menghindari pencucian dengan [platform crypto] Coinbase," kata LaBrecque. "Tapi Anda jelas bisa menghindari pencucian dengan crypto." lanjutnya sebagaimana diwartakan CNBC International.

Namun, ada peringatan penting. Menurut penasihat keuangan, regulator dapat menindak aturan ini di masa depan. 

Internal Revenue Services (IRS) menolak berkomentar terkait hal ini. Sementara itu SEC juga tidak menanggapi permintaan komentar.


[Gambas:Video CNBC]

(twg/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading