Perkuat Modal, BUMI Siapkan MESOP 357 Juta Saham

Market - rah, CNBC Indonesia
25 May 2021 14:35
Tambang Kaltim Prima Coal

Jakarta, CNBC Indonesia-  PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan melakukan program insentif penerbitan opsi kepemilikan saham oleh Direksi, Komisaris dan Karyawan Perseroan (Management Employee Stock Option Program atau M/ESOP). Dengan menerbitkan M/ESOP kepada peserta program untuk memperoleh saham baru yang dikeluarkan dari portopel Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (Tanpa HMETD) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 0,48% dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan.

Jika seluruh M/ESOP ini dilaksanakan, maka pemegang saham emiten batu bara terbesar ini akan terdilusi sebesar 0,98%. Artinya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sahamnya dari 100% menjadi 99,52%. Untuk itu perusahaan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (30/06/2021).

Berdasarkan keterbukaan informasi, nantinya harga pelaksanaan M/ESOP ditentukan sesuai dengan ketentuan Bursa Efek Indonesia, dan dilakukan mengacu pada ketentuan OJK. Jumlah saham yang dapat dikeluarkan untuk pelaksanaan M/ESOP adalah sebanyak-banyaknya 357,26 juta saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp 100 per lembar.


Dengan demikian jumlah saham baru yang dapat diterbitkan untuk pelaksanaan M/ESOP adalah sebanyak-banyaknya 0,48% jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan saat ini.

Perusahaan juga akan membentuk tim khusus untuk menentukan kriteria peserta program. Jika nanti disetujui dalam RUPSLB maka pelaksanaan M/ESOP ini maksimal 5 tahun sejak tanggal persetujuan.

"Dana yang diperoleh dalam M/ESOP akan digunakan seluruhnya sebagai modal kerja perusahaan," tulis manajemen BUMI dalamm keterbukaan informasi, Selasa (25/05/2021).

Adanya M/ESOP ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan, Direksi, Komisaris untuk turut memiliki saham Perseroan agar memiliki komitmen terhadap peningkatan kinerja. Kemudian menarik, mempertahankan, dan memotivasi karyawan perseroan dalam rangka peningkatan shareholders' value. Dengan begitu bisa meningkatkan rasa kepemilikan karyawan terhadap perusahaan. 

M/ESOP ini hanya dapat dilakukan jika mendapatkan persetujuan dalam RUPSLB 30 Juni mendatang dan sesuai ketentuan POJK No. 14/2019.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tambah Modal, Emiten Luhut Siap Rights Issue 1,8 Miliar Saham


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading