Bursa Eropa Dibuka Menguat, tapi FTSE Inggris Masih Melemah

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
21 May 2021 14:42
A shares trader reacts at the stock exchange in Frankfurt, Germany, March 23, 2018. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa naik tipis pada pembukaan perdagangan Jumat (21/5/2021), mengekor penguatan di bursa Amerika Serikat (AS) sembari memperhatikan rilis data ekonomi Inggris dan zona Euro.

Indeks Stoxx 600 yang berisi 600 saham unggulan Eropa naik 0,2% pada pembukaan, dengan indeks saham sektor otomotif menguat 0,6% memimpin reli indeks saham sektoral lainnya, sementara indeks saham sektor bahan baku dasar melemah 0,4%.

Selang 25 menit kemudian, indeks Stoxx 600 tumbuh 1,2 poin (+0,27%) ke 443,1. Indeks DAX Jerman naik 58,9 poin (+0,38%) ke 15.429,19 dan CAC Prancis bertambah 35,5 poin (+0,56%) ke 6.379,1. Namun, indeks FTSE turun 9,6 poin (-0,14%) menjadi 7.010,21.


Bursa Eropa terkena dampak positif dari Asia Pasifik, di mana pasar bergerak mixed pada Jumat menyusul pembalikan bursa Wall Street yang dipimpin oleh saham sektor teknologi. Harga kontrak berjangka (futures) indeks bursa AS cenderung bergerak flat.

Investor akan memonitor rilis Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers' Index/ PMI) zona euro dan Inggris untuk mencari indikasi pemulihan ekonomi di Benua Biru. Indeks keyakinan konsumen zona Euro juga akan dirilis hari ini.

Pelaku pasar juga memantau penjualan ritel Inggris yang tercatat menguat 9,2% pada April, atau naik dua kali lipat dari rerata proyeksi para ekonom dalam polling Reuters. Ini mengindikasikan bahwa permintaan konsumen mulai tumbuh.

Presiden bank sentral Eropa Christine Lagarde akan menggelar konferensi pers menyusul pertemuan menteri keuangan negara anggota Uni Eropa. Kemarin, lembaga ini menyepakati izin melintas bagi turis yang sudah mendapatkan vaksin di kawasan tersebut.

Produsen vaksin asal Jerman BioNTech mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan bersama Pfizer cenderung efektif melawan varian virus Corona baru yang ditemukan di India dan Afrika Selatan.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Rapat FOMC AS, Bursa Eropa Dibuka Melaju ke Zona Hijau


(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading