Diam-diam Saham Kapal Diborong Investor, Booming Komoditas?

Market - Putra, CNBC Indonesia
21 May 2021 10:35
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah melesat kencang pada perdagangan kemarin, sektor industri perkapalan kembali menghijau pada perdagangan hari ini meskipun terbatas setelah sempat bergerak liar.

Fenomena terbangnya saham-saham perkapalan akhir-akhir ini bisa diatribusikan kepada efek dari terbangnya harga-harga komoditas akibat sentimen commodity supercycle.

Komoditas seperti minyak dan batu bara yang biasanya menjadi klien jasa angkutan emiten-emiten perkapalan, sehingga dengan melesatnya harga komoditas tersebut maka industri perkapalan ini tentunya juga akan diuntungkan.


Simak gerak saham-saham perkapalan pada perdagangan akhir pekan ini (21/5/21).

Tercatat terdapat 4 emiten yang berhasil menghijau, 1 yang stagnan, dan 1 yang terpaksa ambruk ke zona merah.

Kenaikan saham perkapalan pada perdagangan hari ini dipimpin oleh PT Soechi Lines Tbk (SOCI) yang harga sahamnya berhasil melesat 4,72% ke level harga Rp 222/unit.

Sedangkan posisi kedua diisi oleh emiten kapal angkutan minyak PT Rig Tenders Tbk (RIGS) yang melonjak 4,55% ke level harga Rp 220/unit.

Untuk emiten perkapalan yang sendirian ambruk di zona ARB atau penurunan maksimal 7% dalam sehari hari ini terjadi pada PT Temas Tbk (TMAS). Setelah pagi tadi sempat bergerak naik kencang di zona hijau, saham TMAS terpaksa ambruk ke level ARB.

Tercatat TMAS ambruk 6,82% ke level harga RP 328/unit. Ambruknya saham TMAS terjadi setelah sebelumnya harga saham emiten terbang ke level ARA selama 3 hari beruntun dan menjadi saham perkapalan dengan apresiasi tertinggi selama sebulan yakni 107,59%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading