Gojek-Tokopedia 'Kawin', Proses IPO Tinggal Selangkah Lagi

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 May 2021 07:20
Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo (Dok. GoTo)

Sementara itu, terkait rencana IPO, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan mengebut pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) tiga perusahaan start up kelas kakap di tahun ini. Saat ini sudah ada tiga start up yang menyampaikan pendaftaran IPO-nya ini.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan pendaftaran IPO telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

"Sudah masuk filling-nya. Nah ya kita kejarlah semoga tahun ini bisa melantai," kata Inarno kepada CNBC Indonesia, Senin (17/5/2021).


Tiga perusahaan yang disebut-sebut pelaku pasar yang telah mengajukan dokumen IPO-nya ke bursa adalah Gojek, Bukalapak dan Traveloka. Namun hal ini tak segera dikonfirmasi oleh pihak bursa.

Untuk diketahui GoTo memang dikabarkan akan IPO di tahun. Menurut perhitungan Bloomberg valuasi gabungan Gojek-Tokopedia akan menghasilkan nilai kapitalisasi pasar senilai US$ 35 miliar sampai dengan US$ 40 miliar atau kisaran Rp 490 triliun - Rp 560 triliun dengan kurs Rp 14.000 per US$.

Jika target dana yang dihimpun dalam IPO sebesar 10% saja dari valuasi keduanya, nilainya mencapai Rp 49 triliun sampai dengan Rp 56 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading