Tenang! Layanan & Dana Tunai Bank Aman Selama Libur Lebaran

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 May 2021 16:32
Warga mengambil ATM di kawasan Jakarta, Kamis (1/2/2018). CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah bank-bank nasional baik Himbara dan swasta telah mempersiapkan diri menjelang libur lebaran Idul Fitri tahun ini yang akan berlangsung pekan depan.

Kesiapan ini mulai dari uang tunai hingga layanan elektronik untuk memastikan nasabah tetap bisa melakukan transaksi selama periode tersebut.

Kesiapan pendanaan ini rata-rata mengalami peningkatan dibanding dengan kesiapan pendanaan di musim lebaran tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan uang tunai hingga periode peniadaan mudik berakhir.


Berikut kesiapan bank-bank tersebut, yang dirangkum oleh CNBC Indonesia.

Bank BCA


PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) pada libur lebaran ini telah mempersiapkan uang tunai sebesar Rp 53 triliun. Dana ini tersedia di seluruh jaringan ATM yang dimiliki bank ini.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran atau tarikan uang tunai dapat menggunakan 9.822 mesin ATM Setor Tarik BCA yang telah tersebar di berbagai lokasi. Atau memanfaatkan fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu yang dapat diakses melalui BCA Mobile dan Sakuku.

"Kendati ruang gerak masih terbatas, BCA tetap setia menghadirkan layanan #BankingFromHome melalui channel electronic banking BCA seperti BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta akses terhadap 17.634 jaringan ATM BCA,"kata Jahja dalam keterangan resminya, Jumat (7/5/2021).

"Saat #diRumahAja nasabah BCA tetap dapat melakukan transfer antar rekening BCA dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri sampai dengan Rp 250 juta per hari menggunakan KlikBCA Individu," lanjutnya.

Selama merayakan Idul Fitri, seluruh kantor cabang BCA tidak beroperasi pada tanggal 12-14 Mei 2021 dan layanan Weekend Banking pada tanggal 15-16 Mei 2021 ditiadakan.

Untuk transaksi B2B Pertamina tetap dilayani pada tanggal 15 Mei 2021 pukul 09.00-14.00 di 8 kantor cabang BCA, yaitu: KCU Matraman, KCU Palembang, KCU Malang, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, KCU Madiun, dan KCU Blitar.

Bank BRI

Sedangkan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyiapkan uang tunai sejumlah Rp 36,7 triliun sebagai persiapan libur ini.

Jumlah ini naik 8% dibandingkan 2020. Uang kas ini dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO).

"Uang kas yang dibandingkan naik 8% dari realisasi tahun lalu, terutama mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat. Kami mempersiapkan jumlah tersebut dengan mempertimbangkan pola transaksi digital yang mulai bergeser ke non tunai, dengan angka digital kami naik pesat dan mengalahkan pada transaksi tunai," kata Arga M. Nugraha, Direktur Jaringan dan Layanan BRI dalam konferensi pers virtual, Senin (03/05/2021).

Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun demikian, dia menghimbau masyarakat untuk melakukan transaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.

Bank Mandiri

Mulai dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan net uang tunai senilai Rp 20,8 triliun untuk persiapan kebutuhan menjelang Idul Fitri 2021, jumlah ini meningkat 9,4% dari tahun lalu.

Kesiapan ini juga memperhitungkan peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 28 hari pada 19 April - 16 Mei 2021.

Direktur Operation Bank Mandiri Toni EB Subari mengatakan perkiraan net kebutuhan uang tunai tersebut memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 11,3% menjadi Rp 44,5 triliun atau sebesar Rp 1,59 triliun per hari pada periode tersebut.

"Dengan lebih dari 25 juta nasabah, kami sangat fokus untuk memastikan ketersediaan dana, terutama pada mesin ATM agar dapat terus prima selama 24/7 melayani kebutuhan nasabah, apalagi saat libur lebaran pada 12 - 14 Mei 2021 nanti," kata Toni dalam siaran resminya, Senin (26/04/2021).

Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 13.076 mandiri ATM yang terhubung ke lebih dari 40.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus.

Dia menambahkan, pihaknya juga memastikan kesiapan tim monitoring dan pengamanan mesin ATM agar selalu siap melayani nasabah, serta layanan customer care untuk melayani seluruh keluhan nasabah dengan responsif, baik yang disampaikan melalui contact center 14000, kantor cabang, surat elektronik maupun akun media sosial resmi perseroan.

BNI & BTN Siapkan Dana Belasan Triliun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading